Berburu Foto Instagenik di Svargabumi Magelang, Wisata Unik di Tengah Sawah

Svargabumi Magelang
Salah seorang petugas membantu memotret rombongan wisatawan. (source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Kini tak hanya Candi Borobudur destinasi wisata menarik di Magelang. Namun di kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata baru yang unik-unik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Svargabumi Magelang.

Svargabumi di Magelang ini merupakan tempat wisata yang terbilang masih baru, dibuka pada Agustus 2020 lalu. Berada di tengah hamparan persawahan namun tampil dengan nuansa cantik, memesona, dan sangat unik.

Menjadi tempat wisata yang cocok bagi penyuka wisata selfie dengan spot-spot yang instagenik. Ada sekitar 30-an spot fotogenik yang dibangun di areal persawahan seluas tiga hektare.

Saat memasuki area Svargabumi, Anda sudah disambut keindahan panorama lanskap permadani hijau persawahan yang luas. Kemudian melewati pintu gebyok khas rumah adat Jawa. Posisinya terletak berhadapan dengan kompleks persawahan.

Spot Foto

Lanjut lebih dalam lagi, Anda semakin tertarik untuk mengeksplorasi seluruh spot di Svargabumi yang sangat menarik. Ada kolam renang, sofa, aneka kursi, hammock, hingga ayunan dengan dominasi warna putih.

Walau pun berada di tengah sawah, sepatu dan kaki Anda tak akan terkena lumpur. Sebab jalur wisata di tempat tersebut sudah disiapkan dan didesain unik dari bahan kayu. Tinggal menyusurinya dengan nyaman untuk sampai ke sejumlah spot foto.

Tak hanya persawahan yang bisa dijadikan latar foto kalian, tersedia pilihan ciamik lainnya. Ada latar kemegahan Candi Borobudur dan pesona panorama Bukit Menoreh. Saking indahnya, objek wisata ini pun dikenal sebagai tempat terbaik menikmati kemegahan Candi Borobudur dari kejauhan. Saat sore hari tiba, suasana kian eksotis karena langit berubah jadi jingga kala sang surya tenggelam.

Baca juga: Uji Adrenalin di Wisata Arung Jeram Sungai Elo

Dari sekian banyak spot foto di sana, ayunan dan hammock di area bawah menjadi jagoannya karena banyak diburu pengunjung. Di titik tersebut, Anda bisa mendapatkan semua lanskap dan tentunya instagenik. Jika kesulitan memilih latar foto yang keren, sejumlah petugas di sana siap membantu.

Pengelola kawasan membuat spot-spot modern tersebut dengan tetap menjaga lingkungan. Pembangunannya juga mengatur pola tanam sawah yang ada. Sehingga ada beberapa spot yang padinya baru saja ditanam, mulai menghijau, atau bahkan menguning tanda siap dipanen.

Tiket, Fasilitas, dan Aksesibilitas

Tempat wisata yang unik ini mematok tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau. Berkisar Rp15 ribu untuk anak-anak dan Rp30 ribu bagi orang dewasa. Tiketnya dapat dibeli secara langsung di lokasi wisata atau secara online di website resminya, svargabumi.store.

Fasilitas yang tersedia juga sudah cukup lengkap. Diantaranya toilet, musala, rest area yang rindang, hingga area parkir yang sangat luas. Ditambah deretan warung makanan hingga suvenir.

Lokasi Svargabumi di Dusun Ngaran, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 2 km dari Candi Borobudur dengan waktu tempuh hanya sekira 5 menit.

Akses menuju lokasi bisa dimulai dari Candi Borobudur, lalu arahkan kendaraan ke selatan hingga perempatan. Kemudian belok ke kanan dan terus maju sekira 300 meter. Tempat wisata tersebut akan tampak di sebelah kiri jalan, berdampingan dengan Balkondes Borobudur.

Baca juga: Bangka Botanical Garden, Metamorfosis Lahan Kritis jadi Wisata Eksotis

Svargabumi dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, kecuali hari Kamis. Khusus selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Svargabumi bisa saja tutup pukul 15.00 WIB.*

 

 

 

 

 

 

Pos terkait