Jelajah Taman Wisata Alam Menipo Kupang dengan Pesona Alam yang Memukau

Taman Wisata Alam Menipo
Taman Wisata Alam Menipo di Kabupaten Kupang, NTT. (Source: Dispar Kab. Kupang)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang senang penjelajah di alam, wajib berkunjung ke Taman Wisata Alam (TWA) Menipo di Kabupaten Kupang. Sebuah objek alam yang menyajikan pesona alam dan kaya akan potensi flora dan fauna.

Lokasi tempat ini berada di Desa Enoraen, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Berjarak kurang lebih 56 km dari Oelamasi, ibu kota Kabupaten Kupang. Dapat Sobat Turisian tempuh kurang lebih 3-4 jam dari Kota Kupang.

Di Taman Wisata Alam Menipo, Sobat Turisian juga bisa menikmati pesona alam berupa hamparan laut lepas di pantai selatan yang dangkal. Sehingga kalian bisa beraktivitas di tepi pantai dengan aman dan nyaman

Lebih menarik lagi di kala malam hari dalam keadaan cuaca yang cerah dan laut tenang. Di mana kalian bisa melihat kelap-kelip cahaya lampu dari tepi pantai utara Benua Australia. Di samping itu, kalian dapat melihat langsung laut Timor sehingga menambah indahnya panorama alam.

Baca juga: Senangnya Tamasya di Taman Rekreasi Boneana Kabupaten Kupang

Ada pula spot Sand dune (bukit pasir) di Taman Wisata Alam Menipo yang terbentuk akibat terpaan angin sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Menghadirkan suasana padang pasir di kawasan pesisir selatan Pulau Timor. Kemudian daya tarik budaya masyarakat sekitarnya pun menarik untuk kalian ketahui.

Habitat Flora dan Fauna

TWA Menipo yang terdiri dari dua daratan terpisahkan oleh muara sungai dan seolah-olah terlihat menyatu saat air surut. Menjadikannya sebagai tempat habitat para satwa dan flora.

Di dalam kawasan Taman Wisata Alam Menipo ini, Sobat Turisian bisa berjumpa beberapa flora seperti mangrove dan fauna seperti burung, rusa Timor dan buaya. Untuk habitat satwa prioritasnya, ada Kakatua Putih Kecil Jambul Kuning. Terdapat pula konservasi penangkaran penyu.

Wisata Alam & Edukasi

Selain merupakan habitat bagi sejumlah satwa, TWA Menipo juga menyimpan potensi keindahan alam yang cukup tinggi berupa panorama alam pantai dengan pasir putih. Lebih dari itu, kawasan ini pun dapat memberikan peranan dan manfaat bagi kepentingan ilmu pengetahuan dan edukasi.

Baca juga: Air Terjun Tesbatan, Permata Tersembunyi di Kabupaten Kupang

Di TWA Menipo, Sobat Turisian bisa memanfaatkan objek wisata ini untuk aktivitas bird watching, olahraga lintas alam, berkemah, dan fotografi.*

 

Pos terkait