Yuk Wisata ke Danau Raja Indragiri Hulu yang Memukau!

Danau Raja
Danau Raja Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. (Source: Disporapar Kab. Indragiri Hulu)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang ingin berwisata ke Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau bisa coba berkunjung ke Taman Rekreasi Danau Raja yang memukau. Di sini kalian dapat menyaksikan keindahan alam dengan suasana asri dan sejuk.

Spot wisata di kota Rengat, ibu kota Kabupaten Inhu ini menyajikan danau yang luas dengan airnya yang bersih. Di pinggiran danau ini juga terdapat taman dengan pohon-pohon nan rimbun yang tentunya menghadirkan sensasi kesegaran dan tiupan angin sepoi-sepoi yang bakal memanjakan kalian.

Di dalam kompleks Danau Raja, Sobat Turisian pun bisa melihat Replika Istana Kerajaan Indragiri yang merupakan warisan budaya dan sejarah kerajaan melayu di Provinsi Riau tersebut. Tak jauh di sisi sebelahnya juga tampak sebuah bangunan megah, yakni gedung olahraga yang pernah menjadi venue untuk cabang voli dan sepak takraw pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VIII di Kabupaten Indragiri Hulu.

Asal-usul nama “Raja” pada danau yang satu ini, konon dulunya merupakan tempat mandinya para Raja-raja Melayu di Kerajaan Indragiri. Pada masa itu, danau ini belumlah sebesar dan seluas seperti sekarang ini.

Baca juga: Masjid Agung An Nur Pekanbaru Berdiri Megah Mirip Taj Mahal India

Kini Danau Raja menjadi objek wisata unggulan Kabupaten Inhu. Kebanyakan pengunjung menjadikan tempat ini sebagai tujuan rekreasi keluarga. Mereka banyak menghabiskan waktu libur akhir pekan atau momen libur panjang lainnya.

Di tempat ini, Sobat Turisian bisa menikmati panorama sekitar atau mencoba naik perahu berkeliling danau. Kalau malas beraktivitas, bisa duduk-duduk sanati di tepi danau untuk menikmati suasana dengan ditemani camilan.

Lokasi & Akses ke Danau Raja

Faktor utama wisatawan berdatangan ke destinasi wisata Riau yang satu ini karena lokasinya cukup strategis dan mudah menjangkaunya. Danau ini terletak di dalam kota Rengat. Tepatnya di Jalan Sultan yang berhadapan dengan SMA Negeri 1 Rengat dan SMK Negeri 1 Rengat.

Sobat Turisian dari luar Pulau Sumatera bisa transit terlebih dahulu di Kota Pekanbaru, untuk kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur darat menuju Kota Rengat. Dengan jarak tempuh lebih kurang 4 jam perjalanan hingga tiba di Danau Raja.

Di sepanjang perjalanan, Sobat Turisian juga dapat menikmati pemandangan alam yang menarik, seperti perkebunan kelapa sawit, karet, dan lainnya. Sementara bagi kalian dari luar provinsi namun masih di dalam wilayah Pulau Sumatera, bisa melalui jalur darat.

Baca juga: Menelusuri Jejak Sejarah Kebesaran Kerajaan Melayu Islam di Istana Siak

Kemudian buat Sobat Turisian dari luar kota juga tidak perlu khawatir soal penginapan, karena tepat di depan Danau Raja terdapat Hotel Danau Raja. Sehingga memudahkan kalian dari luar daerah Kabupaten Inhu untuk bermalam dan menginap. Hal ini pun menambah kenyamanan kalian saat berwisata di danau ini.*

 

Pos terkait