Masjid Agung An Nur Pekanbaru Berdiri Megah Mirip Taj Mahal India

Masjid Agung An Nur
Masjid Agung An Nur Pekanbaru Riau. (dok. Simas.Kemenag)

TURISIAN.com – Masjid Agung An Nur di Kota Pekanbaru Riau memiliki bangunan yang megah dengan sebuah kolam di depannya. Hingga tak sedkit orang yang menyamakannya dengan bangunan Taj Mahal di India.

Objek wisata religi di Pekanbaru ini pertama kali diresmikan pada 27 Rajab 1388 H atau bertepatan dengan tanggal 19 Oktober 1968. Namun sayangnya, Masjid Agung An Nur Riau yang sekarang berdiri megah bukanlah bangunan asli hasil pembangunan tahun 1966-1968. Melainkan bentuk bangunan yang merupakan hasil renovasi total dan pembangunan kembali pada tahun 2000.

Hasil pembangunan tahun 2000 tersebut, luas lahan masjid bertambah menjadi tiga kali lipat dari sebelumnya. Dari luas hanya 4 hektare menjadi 12.6 hektare. Gaya arsitektur Masjid Agung ini memadukan gaya Melayu, Arab, Turki, dan India.

Baca juga: Mengenal Candi Muara Takus, Tertua di Tanah Sumatera

Bangunan utama Masjid Agung An Nur yang berukuran simetris 50 x 50 meter. Terdapat sebuah kolam besar dan air mancur tepat di depannya, membuat masjid ini serupa dengan Taj Mahal. Warna hijau sangat mendominasi banguan masjid kebanggaan warga Pekanbaru ini.

Masjid Taj Mahal-nya Riau tersebut terdiri dari 3 lantai dan mampu menampung hingga 4.500 jemaah. Bangunannya semakin megah dengan adanya 5 kubah dan 4 menara.

Saat malam hari, masjid ini akan tampak sangat cantik bercahaya lampu warna-warni yang memantul di kolamnya. Ditambah dengan luasnya halaman, menjadikan Masjid Agung An-Nur Riau ini sebagai ruang terbuka hijau yang nyaman bagi masyarakat.

Baca juga: Masjid Agung Natuna, Termegah dan Terbesar di Kepulauan Riau

Selain itu, masjid  di Riau ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi di Pekanbaru yang ramai pengunjung. Apalagi saat bulan Ramadan, kawasan masjid kian ramai dan menjadi lokasi ngabuburit favorit, serta banyak pedagang makanan dan pakaian.*

 

 

Sumber: riau.go.id

 

 

 

 

 

Pos terkait