Masjid Agung Natuna, Termegah dan Terbesar di Kepulauan Riau

Masjid Agung Natuna
Masjid Agung Natuna. (dok. BP3D Pemkab Natuna)

TURISIAN.com – Ketika Sobat Turisian berlibur ke Natuna, sempatkanlah  mampir ke Masjid Agung Natuna. Salah satu landmark Natuna ini menjadi masjid yang terbesar dan termegah di Kepulauan Riau (Kepri). Bahkan tak sedikit yang menyamakannya dengan Taj Mahal di India.

Masjid Agung Natuna berlokasi di Jalan protokol Kota Ranai, Ibu Kota Kabupaten Natuna. Pembangunannya mulai sejak tahun 2007 dan selesai pada tahun 2009. Masjid ini juga merupakan bagian dari Komplek Natuna Gerbang Utaraku (NGU).

Kemegahan bangunan masjid Natuna ini jelas terlihat dari bangunannya yang begitu besar, meski dilihat dari jauh. Luas bangunannya mencapai 5.500 meter persegi.

Saking besarnya, masjid tersebut mampu menampung jemaah hingga 5000 orang. Dalam satu barisan shaf-nya, bisa memuat sampai 180 jemaah. Wah keren banget Sobat Turisian!

Pada bagian luar Masjid Agung Natuna, Sobat Turisian bisa melihat menara di keempat sisi masjid yang bermakna sebagai simbol empat sahabat Rasulullah SAW. Kemudian ada sebanyak 20 kubah yang tersusun indah dalam 3 tingkatan.

Desain Kubah Masjid Agung Natuna

Desain kubah bertingkat itu mirip dengan desain Masjid Raya Sulaimaniah di Turki. Setiap tingkatan kubah memiliki makna filosofis masing-masing. Kubahnya sendiri setinggi 17 meter yang melambangkan jumlah rakaat salat dalam sehari. Bagian dalam kubah ada hiasan kaligrafi dan desain bermotif bunga.

Baca juga: Tak Hanya Pantai, Natuna Punya Wisata Mangrove Semitan

Untuk tingkatan tertinggi terdapat satu kubah utama yang paling besar. Kubah ini melambangkan sifat ihsan yang dalam agama Islam merupakan tingkatan keimanan yang tertinggi.

Lalu tingkatan di bawahnya ada 6 buah kubah lebih kecil dari kubah utama. Filosofi dari kubah tersebut, melambangkan jumlah Rukun Iman. Di tingkatan paling bawah terdapat 12 kubah mengelilingi kubah di atasnya yang melambangkan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW (Maulid Nabi).

Keindahan Bagian Tengah Masjid Agung Natuna

Selanjutnya di bagian tengah masjid, bisa Sobat Turisian lihat cahaya alami dari kubah masjid ketika siang hari. Sebagian lantai satu, cahaya terang ini berasal dari bukaan di atas pintu masuk yang cukup besar. Pintu masuknya berbentuk melengkung dan bagian atasnya lancip.

Kemudian dua pintu utama di kiri dan kanan gedung menghadap ke kiblat, juga mengarahkan nuansa ruang menjadi terfokus pada sumber cahaya Illahi. Di bagian mihrab atau mimbar yang besar dengan latar belakang desain labirin busur lancip dari kayu semakin memperkuat kesan ghotik.

Bagian tengah Masjid Agung Natuna ini terbelah oleh taman dan sungai sepanjang 1,2 km. Pemandangannya mengingatkan pada bangunan makam Indah Mum Taj Mahal di India. Wah semakin menarik nih buat Sobat Turisian kunjungi!

Baca juga: 5 Wisata Pulau di Kepri yang Memesona, Wajib Masuk List Liburanmu!

Arsitektur bangunan megah masjid ini pun dihiasi ornamen indah, menjadikan Masjid Agung Natuna sebagai destinasi wisata religi populer di wilayah Kepri. Tambah lagi pemandangan sekitar dengan latar Gunung Ranai yang menjulang tinggi dan udaranya sejuk, semakin membuat masjid ini menakjubkan.*

Pos terkait