Yuk Tamasya ke Pantai Kartini Jepara, Nikmati Pesona Alam Hingga Berbagai Wahana!

Pantai Kartini Jepara
Pantai Kartini Jepara. (source: tic.jepara.go.id)

TURISIAN.com – Liburan ke Jepara cukup mengasyikkan karena menyajikan wisata lengkap, dari alam hingga wisata sejarah napak tilas R.A. Kartini. Nah salah satu tempat wisata unggulannya ada Pantai Kartini yang wajib Sobat Turisian kunjungi.

Pantai yang berlokasi di Kelurahan Bulu, Jepara ini memiliki suasana yang cukup asri dan sejuk dengan disertai berbagai wahana menarik dan nilai histori berkenaan dengan R.A. Kartini. Terletak sekitar 2,5 km ke arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Jamin akan memanjakan Sobat Turisian saat liburan ke tempat ini.

Tempat wisata Jepara ini cocok juga buat Sobat Turisian yang ingin rekreasi bersama keluarga atau acara santai lainnya. Selain menikmati pemandangan pantai, objek wisata ini menyediakan berbagai wahana dan fasilitas menarik. Seperti dermaga, aquarium Kura-Kura raksasa, homestay, dan lainnya.

Sobat Turisian juga dapat melepaskan lelah dan penat dari rutinitas dengan duduk-duduk santai di gazebo sambil menghirup udara segar bersama terpaan angin laut. Terdapat pula deretan toko suvenir kerajinan laut. Sobat Turisian bisa membelinya sebagai cendera mata untuk membawanya pulang.

Daya Tarik Lain Pantai Kartini

Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan tempat yang strategis, karena menjadi jalur transportasi laut menuju obyek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang.

Baca juga: Mengenang Sejarah Perjuangan Kartini di Museum RA Kartini Jepara

Tersedia sarana transportasi ke Karimunjawa dari dermaga Pantai Kartini. Yaitu KMP Siginjai dengan waktu tempuh 4 jam  dan Kapal Ekspress Bahari dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Di dalam area Pantai Kartini juga terdapat wahana menarik bernama Kura-Kura Ocean Park. Di dalamnya Sobat Turisian bisa menambah pengetahuan soal kehidupan di bawah laut. Tempat ini memiliki bangunan yang unik menyerupai hewan kura-kura raksasa. Warga lokal banyak yang menyebutnya sebagai Sea World kelas Jepara.

Selain itu Pantai Kartini tidak bisa lepas dari suatu event tradisional “Lomban”. Event ini merupakan acara budaya milik masyarakat Kabupaten Jepara yang berlangsung selama 1 hari. Tepatnya pada tanggal 8 Syawal atau seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri.

Lekat dengan Sosok R.A Kartini

Desinasi wisata ini juga menjadi saksi bisu sejarah yang tidak akan lepas dari kehidupan pribadi tokoh R.A. Kartini. Lokasinya tidak begitu jauh dari rumah kediaman (sekarang Pendopo Kabupaten) Kartini. Sejak dulu sudah menjadi daerah tujuan wisata bagi keluarga atu kerabat Kartini untuk beristirahat serta melepas lelah.

Baca juga: Mengenal Kehidupan Bawah Laut Lewat Kura-Kura Ocean Park Jepara

Di pantai ini pula, RA Kartini pada masa kecilnya sering bermain-main dan bercanda ria bersama para saudaranya. Akhirnya sebagai ungkapan penghargaan dan untuk mengingat kebesaran perjuangan RA Kartini, maka pantai ini dinamakan Pantai Kartini.*

 

 

Pos terkait