Mengenang Sejarah Perjuangan Kartini di Museum RA Kartini Jepara

Museum R.A. Kartini
Museum R.A. Kartini Jepara. (dok. Pemkab Jepara)

TURISIAN.com – Museum RA Kartini merupakan tempat wisata edukasi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah untuk mengenang jasa perjuangan R.A. Kartini. Museum yang dikelola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara ini, berlokasi di sebelah utara Alun-Alun Jepara.

Tempat wisata edukasi tersebut terdiri dari 3 buah gedung yang dibangun di atas area seluas 5.210 m2. Uniknya, jika dilihat dari atas ketiga gedung tersebut, masing-masing berbentuk huruf K, T, dan N yang merupakan singkatan dari Kartini. Didirikan pada 30 Maret 1975 dan peresmiannya dilakukan pada 21 April 1977.

Luas seluruh bangunan Museum RA Kartini yaitu 890 meter persegi, terbagi menjadi tiga gedung tadi. Gedung K, seluas 590 m2; Gedung T, seluas 130 m2; dan Gedung N, seluas 190 m2. Khusus Gedung N berfungsi sebagai tempat kegiatan seni.

Di dalam museum ini, Sobat Turisian bisa melihat beragam benda peninggalan R.A. Kartini dan kakaknya, Sosro Kartono. Kemudian ada juga benda-benda kuno hasil penemuan di wilayah Kabupaten Jepara.

Tata Ruang Museum RA Kartini

Penyajian koleksi museum tersebut terbagi menjadi empat ruangan. Ruang pertama, merupakan badan Gedung K sebagai tempat koleksi peninggalan R.A. Kartini yang berupa aneka benda serta foto-foto semasa hidupnya.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Benteng Portugis Jepara yang Menyimpan Nilai Historis

Selanjutnya ruang kedua, merupakan bagian dari kaki Gedung K yang berisi peninggalan Sosro Kartono. Ruang ketiga, untuk penyajian koleksi benda-benda bersejarah dan purbakala hasil penemuan di wilayah Jepara, serta hasil kerajinan Jepara yang terkenal seperti Tenun Ikat Troso, anyaman bambu, dan rotan.

Sementara ruang keempat di Gedung T, Sobat Turisian bisa melihat koleksi tulang ikan raksasa bernama Ikan Joko Tua. Berjenis ikan Paus Gajah, yaitu ikan Paus yang punya belalai yang ditemukan di perairan Kepulauan Karimunjawa. Wah unik dan aneh banget ya, Sobat Turisian!

Fasilitas & Lokasi Museum RA Kartini

Fasilitas yang tersedia di Museum RA Kartini sudah cukup lengkap. Mulai dari kafetaria, ruang panggung seni teatrikal (opera), ruang bioskop film Kartini, toko suvenir, toilet, area parkir, dan lainnya.

Lokasi Museum RA Kartini terletak di Jalan Alun-Alun No. 1 Panggang, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Museum ini buka setiap hari, Senin-Jumat mulai pukul 08.00-17.00 WIB, Sabtu pukul 08.00-17.00 WIB, dan Minggu pukul 09.00-17.00 WIB.

Baca juga: Yuk Jalan-Jalan ke 4 Museum Seni Rupa di Jakarta! Rekreasi Sekaligus Tambah Wawasan

Untuk masuk museum di Jepara ini, Sobat Turisian harus bayar biaya masuk yang sangat terjangkau. Tiket tersebut berdasarkan tingkatan usia, harganya berkisar antara Rp5000 – Rp10.000. Informasi lebih lengkap bisa kunjungi laman resminya, www.museumkartini.id.*

 

 

Sumber: Pemkab Jepara

Pos terkait