Jalan-Jalan ke Benteng Portugis Jepara yang Menyimpan Nilai Historis

Benteng Portugis Jepara
Gerbang Benteng Portugis Jepara.

TURISIAN.com – Tak hanya di belahan timur Indonesia, Portugis pun menyimpan jejak di Jepara, Jawa Tengah. Peninggalannya berupa Benteng Potugis yang kini menjadi tempat wisata unggulan Jepara. Menarik untuk dikunjungi Sobat Turisian, rekreasi sambil menambah wawasan.

Kawasan Benteng Portugis Jepara ini berlokasi  di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo. Berjarak sekitar 45 km di sebelah timur laut pusat kota Jepara.

Keberadaan situs cagar budaya tersebut, mempunyai nilai historis yang penting bagi perkembangan Kabupaten Jepara. Selain itu juga memiliki potensi alam sekitar yang indah memesona.

Daya tarik lain dari Benteng Portugis ini, adanya dua buah gua. Serta di sebelah barat terdapat benteng pengintai berukuran 2,5 x 4 meter yang berfungsi sebagai tempat pengintaian musuh.

Ada lagi tempat menyimpan senapan laras panjang tentara Portugis. Terletak di lubang- lubang kecil yang berjejer di benteng pengintai tersebut.

Daya Tarik Wisata Benteng Portugis Jepara

Di kawasan Benteng Portugis Jepara ini, Sobat Turisian tak hanya mendapat wawasan mengenai sejarah dan budaya. Namun juga bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan dari panorama bukit, Gunung Cagar Alam Clering, pesona laut, dan pantai.

Baca juga: Benteng Victoria Tertua di Ambon, Peninggalan Portugis Berusia Ratusan Tahun

Pantai di sana tampak indah dengan hiasan alami hamparan batuan sedimen yang jarang dijumpai di tempat lain. Pemandangan Pulau Mondoliko yang letaknya tepat berada di utara Benteng Portugis juga tampak begitu indah.

Sobat Turisian juga dapat mencoba atraksi wisata minat khusus, antara lain memancing, tracking, outbond, camping, hiking, dan wisata meditasi. Jalur tracking atau hiking dengan menelusuri bukit benteng yang terdapat bebatuan besar serta pepohonan yang rindang.

Bagi anak-anak akan menyenangkan dengan berenang di kolam yang tersedia di destinasi wisata Jepara ini. Makin seru lagi, naik perahu wisata mengarungi perairan laut. Jika ingin bermalam, Sobat Turisian tinggal memilih sejumlah pondok penginapan di sekitar lokasi.

Sejarah Benteng Portugis Jepara

Bangunan Benteng Portugis ini berdiri pada tahun 1632, pembangunannya oleh Kerajaan Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung Hanyockrokusumo. Bekerja sama dengan Portugis yang pada saat itu berseteru dengan VOC Belanda.

Letak situs sejarah ini cukup strategis untuk kepentingan militer zaman dahulu, sehingga benteng tersebut berfungsi utama sebagai markas tentara Portugis. Bertujuan untuk menghalau kapal-kapal niaga VOC yang melintas bahkan yang ingin mendarat di pantai utara Jawa.

Baca juga: Ayoo Gaess, Kita Kunjungi 5 Benteng Paling Bersejarah di Indonesia Ini

Salah satu strategi yang Portugis lakukan kala itu, dengan menempatkan beberapa meriam berkemampuan jarak tembak hingga 3 km. Tapi setelah Malaka yang sebagai kota utama Portugis dapat direbut VOC pada tahun 1641. Akhirnya pada tahun 1642, Bangsa Portugis meninggalkan benteng tersebut.*

 

 

 

Sumber & Foto: tic.jepara.go.id

Pos terkait