Benteng Victoria Tertua di Ambon, Peninggalan Portugis Berusia Ratusan Tahun

Benteng Victoria Ambon
Benteng Victoria Ambon, Maluku. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Selain terkenal sebagi Kota Musik Dunia, Ambon di Maluku juga menyimpan destinasi wisata sejarah. Berbentuk benteng peninggalan masa kolonial yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Benteng Victoria. Benteng ini sebagai yang tertua di Ambon yang Portugis bangun pada 1775.

Benteng Victoria berlokasi di pusat kota Ambon, jadi saat berlibur ke kota ini wajib mengunjungi cagar budaya tersebut. Pada masa lampau, bangunan berusia ratusan tahun ini sempat berpindah tangan ke Kolonial Belanda.

Lalu menjadi pusat pemerintahan Kolonial Belanda untuk mengeruk harta kekayaan masyarakat pribumi. Berupa rempah-rempah yang melimpah di bumi Maluku. Alasan Belanda menjadikannya pusat pemerintahan karena letak benteng ini sangat strategis. Di depannya terdapat pelabuhan yang berfungsi sebagai jalur perhubungan laut antarpulau.

Melalui pelabuhan ini pula, kapal-kapal Belanda mengangkut hasil rempah-rempah untuk didistribusikan ke beberapa negara di benua Eropa. Selain iitu, terdapat pasar di samping benteng yang menjadi tempat untuk mempertemukan komunitas para pedagang pribumi.

Baca juga: Benteng Belgica Berdiri Megah di Tanah Maluku Sejak Abad 16

Victoria juga menjadi tempat pertahanan dari berbagai serangan masyarakat pribumi yang melakukan perlawanan. Tepat di depan benteng inilah pahlawan nasional, Pattimura digantung, pada tanggal 6 Desember 1817.

Daya Tarik Benteng Victoria

Istimewanya, di dalam benteng terdapat sisa-sisa meriam berukuran raksasa. Di beberapa kamar terdapat patung berukir terbuat dari kayu pilihan, peta perkembangan kota Ambon dari abad XVII hingga abad IX, dan beberapa koleksi lukisan para administratur Belanda di Maluku.

Dengan berkunjung ke situs peninggalan berharga tersebut, Sobat Turisian dapat menambah wawasan tentang sejarah lahir dan berkembangnya kota Ambon. Sekaligus menjadi tujuan wisata sejarah di Ambon yang mengasyikkan.

Ada lagi “Boulevard Victoria” yang menjadi daya tarik lain Benteng Victoria Ambon. Sebuah ruas jalan di sisi depan benteng yang menghubungkan langsung ke arah bibir Pantai Honipopu.

Sehingga berada di depan  benteng pun, Sobat Turisian bisa langsung menyaksikan Teluk Ambon yang sangat indah di kala senja. Apalagi saat momen matahari tenggelam, membuat suasana semakin eksotik.

Baca juga: Pulau Tawale Maluku, Pesona Alam di Timur Indonesia yang Memukau

Lokasi tempat wisata Ambon ini, berada di Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Aksesnya menuju ke sana pun sangat mudah. Cukup berjalan kaki ke arah timur sejauh 300 meter dari Terminal Mardika. Terminal angkutan umum  yang terletak di pusat kota Ambon.*

 

Sumber: Pemkot Ambon

Pos terkait