5 Wisata Pulau di Kepri yang Memesona, Wajib Masuk List Liburanmu!

Wisata Pulau di Kepri
Pulau Nikoi di Bintan, Kepri.

TURISIAN.com – Dari namanya saja sudah terlihat, Kepulauan Riau (Kepri) merupakan provinsi yang terdiri dari gugusan pulau-pulau. Sobat Turisian bisa menikmati wisata pulau di Kepri yang menyajikan panorama alam cantik dan memesona.

Tempat wisata pulau di Kepri ini, wajib masuk list tujuan liburan Sobat Turisian. Berikut ini ada 5 pulau menawan yang bisa jadi prioritas pilihan untuk dikunjungi Sobat Turisian.

Pulau Bawah, Anambas

Wisata Pulau di KepriTempat wisata Pulau Bawah masuk wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri. Pulau ini merupakan bagian dari gugusan pulau di Anambas, bersama Pulau Sanggah, Pulau Elang, Pulau Merba, dan Pulau Lidi. Dengan luas keseluruhannya mencakup 99,739 hektar.

Dari Kota Tarempa, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Anambas ke pulau eksotik ini, Sobat Turisian akan menempuh perjalanan laut sekitar 7 jam dengan menggunakan pompong atau perahu motor. Jika ingin lebih cepat, bisa memilih speed biat dengan waktu tempuh selama 4 jam.

Setelah tiba di Pulau Bawah, Sobat Turisian bisa menikmati deretan pantai indah, berpasir putih, dan berair jernih yang mengelilingi pulau ini. Destinasi wisata Anambas ini menjadi surga bagi para penyuka snorkeling, fishing swimming, hingga beragam aktivitas olahraga pantai lainnya.

Paling istimewa dari Pulau Bawah Anambas, yakni keindahan bawah lautnya yang memukau. Berupa hamparan terumbu karang alami yang sejak beratus-ratus tahun lalu, menjadi habitat aneka biota laut tropis.

Pulau Abang, Batam

Wisata Pulau di Kepri

Wisata pulau di Kepri berikutnya, Sobat Turisian bisa menuju ke Pulau Abang. Salah satu destinasi wisata maritim populer di Batam. Terletak di sisi paling Selatan Pulau Batam dan masuk wilayah Kecamatan Galang.

Kawasan wisata laut di Batam ini, merupakan surga bagi Sobat Turisian yang hobi aktivitas diving, snorkeling, island hopping, memancing, dan berbagai olahraga air lainnya. Hampir setiap titik perairan Pulau Abang, tumbuh rupa-rupa terumbu karang yang masih terjaga kealamiannya

Di sekitar pulau ini, juga terdapat beberapa pulau kecil menawan. Ada Pulau Petong, Pulau Dedap, Pulau Hantu, Pulau Pengerlap, Pulau Kelapa, dan Pulau Abang Besar..

Pulau Senua, Natuna

Wisata Pulau di Kepri

Objek Pulau Senua wajib masuk top list kunjungan Sobat Turisian selama berwisata ke Natuna. Pulau yang menyajikan pesona alam eksotis nan elok, berpasir putih, dan berair jernih. Tempat terbaik untuk Sobat Turisian yang ingin menikmati keindahan bawah laut, dengan terumbu karang yang terjaga dan rupa-rupa ikan, serta aneka biota laut lainnya.

Baca juga: Nih Dua Resort di Batam yang Menawan, Pas Buat Liburan Kamu!

Senua masuk wilayah Kecamatan Bunguran Timur, tepatnya berada di seberang Desa Sepempang. Selain tenar dengan keindahan alamnya, pulau ini juga menyimpan cerita legenda turun temurun yang tetap dipercayai hingga kini.

Konon kisahnya, Pulau Senua merupakan penjelmaan dari seorang perempuan yang sedang hamil bernama Mai Lamah. Dalam bahasa setempat, kata “senua” berasosiasi pada tubuh berbadan dua. Karena itulah tak heran kalau pulau ini tampak memiliki bentuk laiknya perempuan berbaring yang tengah berbadan dua.

Pulau Penjalin, Anambas

Penjalin Anambas

Penjalin merupakan salah satu pulau terindah di Kabupaten Kepulauan Anambas, terletak di Kecamatan Palmatak. Panorama alam yang tersaji di sini sangat indah berhias pulau-pulau mungil di sekitar perairannya.

Sobat Turisian bisa menikmati beraktivitas di pantainya yang berpasir putih dan lembut. Sangat cocok untuk tempat berjemur dan melakukan bermacam aktifitas pantai lainnya. Perairannya juga tenang dan berair biru, dengan bermacam ornamen bebatuan beragam bentuk dan ukiran alami.

Di destinasi wisata Anambas yang satu ini, Sobat Turisian bisa mencoba olahraga air seperti menyelam, snorkeling, renang, maupun bersampan. Bagi Sobat Turisian yang senang menyelam, wajib datang ke Pulau Penjalin.

Alam bawah laut Pulau Penjalin menjadi habitat berbagai macam biota laut seperti ikan badut, penyu, dan terumbu karang yang masih lestari. Mereka akan menemani penjelajahan menyelam Sobat Turisian. Airnya sangat jernih, terumbu karangnya sangat berwarna-warni dan cantik. Selain itu, dapat menjumpai penyu hijau dan penyu sisik di pulau ini.

Pulau Nikoi, Bintan

Tujuan wisata pulau di Kepri yang terakhir ini, yaitu Pulau Nikoi di Kabupaten Bintan. Pulau seluas 15 hektar di lepas pantai timur Bintan tersebut, memiliki panorama alam yang indah.

Baca juga: 4 Hotel Terbaik Bagi Backpacker Saat Liburan di Bintan

Di sekelilinginya membentang hamparan pasir pantai yang putih dan bersih. Sementara di bawah lautnya, Sobat Turisian bisa melihat warna-warni terumbu karang yang masih alami.

Di pulau ini, Sobat Turisian bisa bermalam di sebuah resort berbintang yang siap memberi pelayanan berkelas dan dikelola perusahaan swasta profesional. Tak heran jika sebagian besar pengunjungnya adalah wisatawan mancanegara.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Kepri

Pos terkait