5 Varian Kopi Asal Sumatera Utara dengan Aroma dan Cita Rasa Khas

Kopi Sumatera Utara
Ilustrasi Foto: minuman dan biji kopi. (iStock)

TURISIAN.com – Wilayah Sumatera Utara memiliki dataran tinggi dengan tanah yang subur karena berada di jalur ring of fire Indonesia. Potensi alam ini juga yang melahirkan aneka varian kopi di Sumatera Utara. Rata-rata varian kopi tersebut dinamai sesuai daerah asalnya.

Aroma dan cita rasa yang khas, membuat kopi Sumatera Utara mampu menarik perhatian para penikmat kopi di Indonesia maupun dunia. Penasaran apa saja variannya, Sobat Turisian? Yuk langsung simak pemaparannya.

Berikut ini ada 5 varian kopi khas Sumatera Utama (Sumut) dengan cita rasa yang khas dan unik. Sobat Turisian wajib mencicipinya saat berlibur ke wilayah Sumatera Utara.

1. Kopi Sipirok

Varian kopi Sumut yang pertama ada Kopi Sipirok yang berbeda dengan kopi jenis lain. Umumnya, rasa buah mendominasi rasa kopi, namun justru kopi Sipirok cukup kuat dengan rasa rempah. Aroma kopi ini pun tercium sangat khas jenis Arabika yang pekat.

Ciri khas lain dari kopi Sipirok, yaitu rasa pahit yang kental dengan sedikit rasa manis karena tingkat keasamannya yang rendah. Kopi ini terbilang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

2. Kopi Mandailing

Nama Kopi Mandailing sudah tenar sebagai salah satu kopi terbaik di dunia sejak era 1980-an. Kopi jenis ini, penanaman pertamanya di daerah Pekatan, Mandailing Natal. Sehingga sohor dengan sebutan Kopi Mandailing.

Meski perkebunannya ada juga di Desa Simpang Banyak dan Desa Pagur. Kemudian terdapat pula di daerah Tapanuli, Pakpak, dan Tanah Karo.

Baca juga: 8 Minuman Tradisional Indonesia yang Hangat dan Berkhasiat

Cita rasa khas kopi tersebut banyak digemari para pencinta kopi dunia, karena tingkat keasaman rendah dan kekentalan yang tinggi. Dan jenis kopi Arabika Mandailing yang paling banyak penyukanya.

3. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang merupakan salah satu primadona kopi dari Tanah Batak. Namanya sesuai dengan daerah asalnya, Sidikalang di Kabupaten Dairi, Sumut.

Jenis kopi tersebut tumbuh di Bukit Barisan yang berhawa sejuk dengan ketinggian 1.500 mdpl. Mempunyai tekstur yang lebih halus dibandingkan jenis kopi lain. Aromanya pun tidak terlalu kuat, sehingga cocok untuk dinikmati siapa pun.

4. Kopi Lintong

Sama seperti varian kopi Sumatera lainnya, nama kopi ini mewakili daerah asalnya. Yaitu Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut.

Karakteristik dari kopi Arabika Lintong ini, tekstur lembut dan aromanya tajam. Kopi Lintong mempunyai rasa yang khas, berupa perpaduan rasa pedas, herbal, rempah, kacang, dan coklat.

5. Kopi Tarutung

Berikutnya ada Kopi Tarutung yang tentu saja berasal dari daerah Tarutung, Ibu Kota Kabupaten Tapanuli Utara. Kopi Tarutung juga memiliki dua jenis pada umumnya, yaitu kopi Arabika dan Robusta.

Namun, istimewanya kopi asal Sumut ini memiliki kualitas rasa dan aroma. Didominasi rasa pahit, gurih, dan sedikit asam. Aromanya cukup unik dan sangat spesial, karena mengeluarkan wangi yang berbeda-beda akibat pengaruh berbagai tanaman yang tumbuh di sekitarnya.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Kuliner Berbagai Daerah di Indonesia

Itulah ragam varian kopi dari Sumatera Utara dengan keunikan dan ciri khas masing-masing. Beberapa jenis kopi tersebut, kini menjadi pilihan oleh-oleh khas Sumatera Utara. Bagi Sobat Turisian yang berencana liburan ke Sumut, segera masukan list oleh-oleh yang akan dibeli!*

 

 

Sumber: indonesia.travel

 

Pos terkait