Yuk Pergi ke Pantai Slili Gunungkidul Biar Hati jadi Happy!

Pantai Slili Gunungkidul
Pantai Slili Gunungkidul, DIY. (Source: Dispar Gunungkidul)

TURISIAN.com – Kabupaten Gunungkidul memang gudangnya objek wisata pantai di Yogyakarta. Banyak sekali pantai-pantai nan indah di daerah ini yang bisa bikin Sobat Turisian happy. Lupa deh sama rutinitas sehari-hari yang melelahkan dan membuat penat. Salah satu yang wajib kalian datangi, yakni Pantai Slili.

Objek pantai ini juga mempunyai nama lain, yaitu Pantai Watu Lawang dan juga Cinta Slili. Nama Watu Lawang muncul karena di pantai ini terdapat sebuah pulau kecil yang banyak menyebutnya sebagai bukit karang di dasar sebuah cekungan, sekitar 500 meter dari Pantai Sundak.

Sementara nama Slili Love hadir sebab di sana terdapat prasasti pantai yang menjadikannya sebagai hiasan. Berbentuk hati yang terbuat dari bunga plastik dengan melambangkan cinta. Banyak yang menjadikan spot ini untuk latar foto-foto cantik. Ada pula spot foto pohon sakura yang tak kalah kecenya di Pantai Slili ini.

Letak pantai di Gunungkidul ini berada di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan yang hanya terpisahkan dengan dua bukit. Garis pantainya tidak terlalu luas, hanya 100 meter sehingga banyak yang menjulukinya dengan sebutan pantai mungil.

Meski terbilang mungil, namun fasilitas di Pantai Slili sudah cukup memadai. Salah satunya fasilitas kuliner dengan tersedianya warung-warung makanan. Mereka menawarkan berbagai menu makanan laut dan kelapa muda yang menjadi mantap sekali untuk Sobat Turisian nikmati sambil melihat panorama pantai.

Baca juga: Pantai Ngeden Gunungkidul yang Eksotis dengan Hamparan Pasir Putih

Beberapa fasilitas pendukung lainnya, di antaranya tempat untuk bersih-bersih seperti kamar mandi dan toilet. Lalu ada pula gazebo untuk duduk bersantai di pinggir pantai, serta penginapan bagi Sobat Turisian yang ingin merasakan suasana malam di objek wisata Yogyakarta yang satu ini.

Snorkeling & Mendaki Bukit di Pantai Slili

Tempat ini pun dapat menjadi pilihan terbaik bagi Sobat Turisian yang ingin bermain di pantai yang tidak terlalu ramai dan menenangkan. Selain itu, di sini juga kalian bisa mencoba snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut. Soal peralatannya tak usah khawatir, karena sudah ada tempat penyewaan peralatan snorkeling. Lengkap pula dengan jasa pemandunya.

Nah kalau sudah puas main air, Sobat Turisian bisa naik ke bukit yang memisahkan Pantai Slili dan Pantai Sadranan. Sepanjang pendakian bisa sembari menikmati keindahan alam Gunungkidul dan sepoi-sepoi angin laut.

Dari atas bukit tersebut akan tampak deretan pantai-pantai berpasir di Gunungkidul, lautan biru yang terhampar luas, dan perbukitan hijau di pinggir pantai. Namun sarannya, Sobat Turisian harus berhati-hati di puncak ini karena kurangnya pengamanan.

Lokasi & Rute ke Pantai Slili

Destinasi wisata pantai ini berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Akses menuju ke sana sudah tergolong bagus dan sangat nyaman untuk Sobat Turisian lalui menggunakan kendaraan.

Baca juga: Menikmati Sunset yang Indah Memikat Mata di Pantai Kesirat Gunungkidul

Rutenya, dari Kota Yogyakarta ambil arah menuju Wonosari kemudian berlanjut menuju Pantai Baron. Hingga menemukan loket pembayaran untuk masuk ke Pantai Baron. Dari situ, kalian belok kiri menuju arah Pantai Kukup.

Perjalanan tersebut searah dengan Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Ngandong, dan Pantai Krakal. Di pertigaan Pantai Krakal teruskan dengan belok ke kanan atau mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Slili. Letak Pantai Slili tak jauh dari Pantai Krakal, tepatnya di sebelah barat Pantai Sadranan.*

Pos terkait