Menikmati Sunset yang Indah Memikat Mata di Pantai Kesirat Gunungkidul

Pantai Kesirat
Pantai Kesirat Gunungkidul. (iStock)

TURISIAN.com – Bicara soal objek wisata pantai di Gunungkidul memang tak ada habisnya. Pasalnya di kabupaten ini banyak sekali pantai-pantai yang indah dengan daya tarik tersendiri. Seperti Pantai Kesirat yang memikat dengan momen sunset indahnya di kala senja.

Destinasi pantai di Yogyakarta yang satu ini memang unik dan berbeda dengan pantai lain di Gunungkidul yang biasa menyajikan hamparan pasir putih. Di sini hanya terdapat tepi pantai dengan jajaran tebing yang curam.

Jadi jangan harap kalian bisa bermain-main di hamparan pasir di Pantai Kesirat ini. Tapi sebagai gantinya Sobat Turisian bisa memanjakan mata dengan pemandangan senja yang nyaris sempurna. Tempat ini diklaim sebagai salah satu spot terbaik di Gunungkidul untuk menikmati senja.

Di tempat ini, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan sunset yang memikat mata di kala senja. Dengan latar deretan tebing yang curam, sehingga menambah kesan eksotis. Suasana romantis pun akan lebih terasa jika kalian datang bersama pasangan.

View sunset akan tampak sangat jelas karena tidak ada penghalang apapun. Tidak ada pepohonan, batu karang, ataupun bangunan. Salah satu hal yang menarik perhatian dan sekaligus menjadi ikon dari Pantai Kesirat yaitu sebuah pohon yang menjorok ke laut.

Baca juga: Pantai Ngungap Gunungkidul Punya View Menakjubkan

Pohon tersebut sangat menarik, saat musim hujan pohon akan terlihat rimbun penuh dengan daun-daun hijau. Tetapi sebaliknya kala musim kemarau pohon ini akan menggugurkan daunnya hanya menyisakan batang dan rantingnya yang tetap berdiri kokoh. Pohon yang terkenal sebagai pohon abadi ini membuat pemandangan sunset di senja hari semakin sempurna.

Spot Camping di Pantai Kesirat

Tak hanya menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di kala senja, di pantai ini juga Sobat Turisian bisa melakukan kegiatan camping. Di sini terdapat area berkemah yang murah dan nyaman.

Area camping ini berupa hamparan padang rumput yang luas. Dengan semilir angin pantai, sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk mendirikan tenda. Ketika malam tiba, suasananya pun tak kalah eksotis. Sobat Turisian bisa melihat taburan bintang di langit nan indah.

Sayangnya, objek wisata ini belum memiliki fasilitas pendukung yang lengkap layaknya di pantai-pantai yang lain. Memang pantai ini belum banyak wisatawan berkunjung, sehingga belum ada fasilitas yang memadai. Hanya tersedia toilet umum dan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman sebagai teman menikmati sunset di sore hari.

Bagi Sobat Turisian yang hobi memancing, Pantai Kesirat juga merupakan salah satu fishing spot terbaik di Gunungkidul. Ada berbagai jenis ikan yang bisa kalian dapatkan di wilayah pantai ini. Namun, harus tetap berhati-hati ya karena tebing pantai ini sangat curam.

Lokasi Pantai Kesirat Gunungkidul

Destinasi wisata pantai ini berada di Dusun Wikoso, Girikartom, Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Terletak tepat bersebelahan dengan Pantai Wohkudu yang juga sama-sama memesona. Sobat Turisian untuk menuju ke sini akan menempuh perjalanan yang cukup panjang dari Kota Jogja.

Baca juga: Menelusuri Keindahan Gua Pindul Gunungkidul yang Miliki Aliran Sungai

Rute menuju Pantai Kesirat, dari pusat Kota Jogja Sobat Turisian bisa mengarahkan perjalanannya ke Piyungan hingga bertemu dengan pertigaan Lanud TNI AU. Kemudian teruskan ke jalan menuju Playen sampai dengan Puslatpur milik TNI AD dan menjumpai pertigaan lagi.

Lanjutkan lagi ke arah SDN 1 Jetis dan Girikarto. Dari situ tinggal Ikuti jalur yang ada hingga menemukan Pantai Kesirat.*

 

Pos terkait