Menelusuri Keindahan Gua Pindul Gunungkidul yang Miliki Aliran Sungai

Gua Pindul Gunungkidul
Gua Pindul Gunungkidul Yogyakarta. (Source: Dispar Gunungkidul)

TURISIAN.com – Wisata susur gua kini makin banyak peminatnya karena sensasinya yang memacu adrenalin hingga bikin ketagihan. Jenis atraksi wisata ini sangat cocok di Indonesia yang miliki banyak objek gua memesona. Nah kalau Sobat Turisian penasaran bisa mencobanya di Gua Pindul Gunungkidul, salah satu gua yang menarik untuk dikunjungi.

Gua Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Akses untuk menuju lokasi destinasi wisata ini cukup mudah dengan kondisi jalan sudah bagus dan bus besar pun sudah bisa menggapainya.

Di objek gua ini, Sobat Turisian bisa merasakan sensasi susur gua dengan sungai mengalir di bawahnya. Tak hanya itu sepanjang penelusuran, kalian juga akan menyaksikan pesona keindahan Gua Pindul. Sungguh menjadi pengalaman yang berkesan, Sob!

Aktivitas penelusuran wajib mendapat pendampingan dari pemandu dari pengelola kawasan wisata khusus ini. Sebab jika tidak ada pemandu, khawatir kalian akan tersesat di dalam gua. Mereka juga akan menyiapkan perlengkapan keamanan, seperti jaket pelampung, helm, dan ban.

Baca juga: Kedung Jati Gunungkidul Tawarkan Aktivitas Susur Sungai yang Seru

Di dalam gua Sobat Turisian bisa menyaksikan keelokan stalagtit dan stalagmit. Sembari menikmati segarnya air sungai yang mengalir di bawah Gua Pindul ini.

Setelah lelah beraktivitas mengekplorasi gua, Sobat Turisian akan terobati dengan sajian kuliner yang beraneka ragam dari olahan masyarakat setempat. Jadi, Sobat Turisian tidak perlu khawatir mencari referensi tempat makan.

Objek wisata Yogyakarta ini juga sudah punya fasilitas pendukung yang cukup memadai dan menambah kenyamanan pengunjung. Di antaranya toilet umum, area parkir yang luas, dan musala.

Legenda Penamaan Gua Pindul Yogyakarta

Masyarakat sekitar mempercayai sebuah cerita legenda penamaan gua yang satu ini secara turun temurun. Ceritanya berasal dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang menelusuri hutan lebat, sungai, hingga gua untuk mencari ayahnya.

Baca juga: Pantai Ngandong Gunungkidul yang Memesona dan Menenangkan Pikiran

Ketika sedang menyusuri 7 gua yang memiliki aliran sungai di bawahnya, kepala Joko terbentur sebuah batu sesar yang ada di dalam gua. Gua tempat Joko terbentur tersebut diber nama Gua Pindul yang berasal dari kata dalam bahasa Jawa “Pipi Gebendul” yang berarti pipi yang terbentur.*

 

 

Pos terkait