Museum Ullen Sentalu Yogyakarta Lestarikan Warisan Seni dan Budaya Jawa

Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu Yogyakarta.

TURISIAN.com – Museum Ullen Sentalu menjadi salah satu destinasi wisata edukasi dan budaya Yogyakarta yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi. Lokasinya berada di dalam Taman Kaswargan, Kaliurang, Kabupaten Sleman. Museum ini hadir untuk melestarikan seni dan budaya Jawa.

Uniknya, Museum Ullen Sentalu pengelolanya sebuah perusahaan, berbeda dengan museum pada umumnya. Museum swasta ini beroperasi di bawah naungan Yayasan Ulating Blencong. Bangunannya pun baru, tidak menempati bangunan cagar budaya.

Keberadaan museum di Yogyakarta ini berfungsi sebagai jendela peradaban seni dan budaya Jawa. Dengan tujuan untuk mengumpulkan, mengkomunikasikan, dan melestarikan warisan seni dan budaya Jawa yang terancam pudar. Agar menumbuhkan kebanggaan masyarakat pada kekayaan budaya Jawa sebagai jati diri bangsa.

Selain itu, Museum Ullen Sentalu juga mengembangkan paradigma baru yang berbeda dengan museum-museum lain yang ada di Yogyakarta. Museum ini mengaplikasikan berbagai hal yang unik untuk membuatnya menjadi lebih menarik. Contohnya, koleksi-koleksi museum ini tidak ada labelnya. Jadi Sobat Turisian tak akan bosan berada di tempat ini.

Baca juga: Cari Tempat Buat Ngadem di Yogyakarta? Datang Saja ke Kaliadem Sleman!

Saat memasuki museum ini, Sobat Turisian akan ada tour guide mendampingi untuk menjelaskan segala sesuatu yang ada di sana. Tentunya, mendengarkan penjelasan dari seorang tour guide saat mengunjungi sebuah museum jauh lebih menarik daripada sekadar melihat-lihat berbagai benda koleksi yang hanya ada label.

Tata Ruang Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Terdapat banyak ruangan di museum seni dan budaya ini yang meliputi:

  1. Ruang Selamat Datang, yang merupakan ruang penyambutan tamu/pengunjung museum.
  2. Ruang Seni Tari dan Gamelan, yang berisi seperangkat gamelan hasil hibah seorang pangeran Kasultanan Yogyakarta.
  3. Ruang Guwa Sela Giri, merupakan ruangan yang berada di bawah tanah. Di ruangan ini dipamerkan karya-karya lukis dokumentasi tokoh-tokoh dari Dinasti Mataram.
  4. Ruang Syair, yang menampilkan syair-syair yang ditulis oleh para kerabat dan teman-teman GRAj Koes Sapariyam pada tahun 1939-1947.
  5. Royal Room Ratu Mas, yaitu ruangan yang dipersembahkan untk permaisuri Sunan Paku Buwana X.
  6. Ruang Batik Vorstendlanden, yang menampilkan koleksi batik.
  7. Ruang Batik Pesisiran, yang juga berisi koleksi kain batik.
  8. Ruang Putri Dambaan, yang menampilkan koleksi foto pribadi putri tunggal Mangkunegara VII dari kecil hingga menikah.
  9. Sasana Sekar Bawana, yang berisi beberapa lukisan raja Mataram.

Baca juga: Museum Sonobudoyo Yogyakarta Sajikan Koleksi Benda Bernilai Budaya Ilmiah

Sobat Turisian saat berkunjung ke Museum Ullen Sentalu tak hanya melihat-lihat isi museum, tapi juga dapat menikmati indahnya hutan alami dan taman yang asri. Tambah lagi udaranya sejuk karena museum ini terletak di pegunungan, sehingga bisa bikin segar dan cocok untuk bersantai.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Sleman

Pos terkait