Pantai Ngandong Gunungkidul yang Memesona dan Menenangkan Pikiran

Pantai Ngandong
Pantai Ngandong saat sedang surut. (Foto: Iwan)

TURISIAN.com – Pantai Ngandong bisa dikatakan sebagai hidden gem wisata pantai Gunungkidul karena suasananya cukup tenang. Tempat wisata ini tak seramai Pantai Indrayanti atau Pantai Krakal meski berada di satu garis pantai. Sobat Turisian harus datang ke sini, buat liburan dan relaksasi tubuh.

Lokasi Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sebelah barat Pantai Sundak dan tempatnya mudah diakses sebab terletak di jalan raya beraspal yang menuju Pantai Indrayanti.

Faktor yang menyebabkan pantai ini tak seramai yang lain, yakni posisinya yang agak tersembunyi. Namun justru seperti inilah yang banyak turis asing. Suasana tenang, pantai memesona, bersih, dan landai membuat betah siapa pun yang datang ke sini.

Sobat Turisian bisa memilih pantai ini setelah berkunjung dari Indrayanti. Di sini Sobat Turisian bisa rileks sejenak menikmati keindahan lanskap pantai yang landai dengan hamparan pasir putih dan air laut yang bening. Sambil menyantap aneka seafood yang dijajakan kedai-kedai makanan di area pantai.

Puaskan juga diri Sobat Turisian dengan melakukan aktivitas di air, seperti berenang, kano, dan snorkeling. Bagi pehobi fotografi, Pantai Ngandong sangat cantik untuk latar foto yang ciamik dan instagenik.

Baca juga: Menikmati Keindahan Pantai Indrayanti Yogyakarta

Pesona keindahannya semakin bertambah dengan adanya bukit batu kars di sisi kanan dan kiri pantai. Hijaunya bukit berpadu dengan putih pasir dan birunya laut. kian menambah pesona pantai tersebut.

Lebih asyik lagi kala sore hari tiba saat laut sedang surut, Sobat Turisian bisa menuju ke batu karang besar yang tak jauh dari bibir pantai. Menapaki jalur yang seperti membelah lautan. Di sini, Sobat Turisian bisa bermain air, jika beruntung akan bertemu dengan biota laut. Jangan lupa swafoto dulu.

Selang tak berapa lama, Sobat Turisian bisa terpana dengan keindahan sunset. Kala sang surya mulai tenggelam menyajikan langit senja berwarna jingga membuat suasana pantai kian eksotis. Cahaya jingga jatuh menyinari pasir putih pantai dan memantul di air laut berkilauan. Sungguh, pemandangan yang menawan, Sobat Turisian!

Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong

Liburan ke Pantai Ngandong Gunungkidul tergolong murah meriah namun tetap menyenangkan dan menyegarkan pikiran. Menarik berkunjung ke tempat ini bersama oarang-orang tercinta.

Tiket masuk ke tempat wisata Gunungkidul ini hanya sekitar Rp10.000 per orang. Kemudian biaya parkir roda 2 sekira Rp3.000 dan parkir roda 4 kurang lebih Rp5.000.

Rute Menuju Pantai Ngandong

Untuk menuju ke Pantai Ngandong, Sobat Turisian bisa memilih dua rute. Pertama, jika berangakat dari Yogyakarta arahkan ke Piyungan – Patuk – Sambipitu – Pertigaan timur Lanud TNI Gading. Kemudian belok ke arah kanan menuju Playen – Paliyan – Saptosari hingga sampai ke pertigaan sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke arah timur. Dari situ ambil jalan beraspal sampai pintu masuk Pantai Sundak, selanjutnya tinggal menuju lokasi.

Baca juga: Berkunjung ke Pantai Watu Lumbung, Sajikan Pesona Batu Karang yang indah

Rute kedua, merupakan rute yang lebih pendek. Dari Yogyakarta tinggal melewati Imogiri – Panggang – Saptosari. Sampai ke pertigaan sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke arah timur. Ikuti jalan beraspal hingga menemukan pintu masuk Pantai Sundak dan menuju ke lokasi pantai Ngandong.*

Pos terkait