Pura Pucak Mangu, Objek Religi di Atas Puncak Tertinggi Keempat di Bali

Pura Pucak Mangu
Pura Pucak Mangu, Badung, Bali. (Source: Dispar Badung)

TURISIAN.com – Pura sebagai pusat religi umat Hindu banyak tersebar di wilayah Pulau Dewata. Bangunannya yang khas dan lokasinya yang memesona membuatnya menjadi salah satu daya tarik wisata. Seperti Pura Pucak Mangu, Kabupaten Badung yang berada di puncak tertinggi keempat di Bali.

Banyak masyarakat yang menganggap Pura Pucak Mangu ini adalah penjaga keseimbangan Bali. Mengingat pura selalu masyarakat anggap ditunggui oleh dewa yang akan menjaga Pulau Dewata. Sehingga Bali selalu suci, maka para masyarakat sangat menjunjung nilai agamis dalam setiap kesehariannya dan sangat menghormati para dewa.

Selain itu, banyak pula agenda keagamaan berlangsung di pura ini. Maka bagi sesiapa saja yang mau ikut berdoa atau bersembahyang bisa ke sana. Masyarakat Bali yang ramah akan menambah rasa kekaguman Sobat Turisian.

Karena itu, jangan heran kalau Sobat Turisian akan menemui penduduk yang sangat taat sekali dengan agama mereka. Rasa yakin dan percaya kepada dewa membuat mereka akan selalu melakukan hal-hal yang pantas. Untuk itu, sebagai wisataan asing atau lokal, harus tahu diri dan harus jaga sikap, perbuatan, serta perkataan.

Baca juga: Melepas Penat di Tirta Taman Mumbul Badung yang Asri dan Tenang

Objek religi di Pelaga Badung ini, sebagai salah satu Pura Kahyangan Jagat bagi umat Hindu di Pulau Dewata. Meskipun lokasinya di puncak gunung, banyak warga yang datang ke pura di Badung yang satu ini untuk melakukan persembahyangan, apalagi ketika saat piodalan atau pujawali.

Lokasi Pura Pucak Mangu Bali

Kunikan yang menjadi daya tarik pura yang satu ini, yaitu lokasinya yang menyajikan suasana asri, sejuk, dengan pemandangan alam yang memesona. Letaknya berada di salah satu puncak gunung tertinggi keempat di Bali, yaitu Gunung Catur dengan ketinggian mencapai 2.096 mdpl.

Kawasan Gunung Catur atau terkenal juga dengan Gunung Pucak Mangu ini, masuk wilayah Banjar Tinggan, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Untuk menuju ke tempat ini, Sobat Turisian bisa berangkat dari Denpasar dengan transportasi darat.

Baca juga: Upacara Adat Mekotek, Tradisi Tolak Bala yang Unik dari Badung Bali

Jarak dari kota Denpasar menuju Pura Pucak Mangu di Gunung Catur Badung tersebut sekitar 32,2 km. Perjalanannya akan menuju dataran tinggi pegunungan, sehingga sepanjang kiri dan kanan jalan, Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan alam hijau yang indah dan menarik.*

 

Pos terkait