Pantai Ngeden Gunungkidul yang Eksotis dengan Hamparan Pasir Putih

Pantai Ngeden Gunungkidul DIY
Pantai Ngeden Gunungkidul DIY. (Source: Dispar Gunungkidul)

TURISIAN.com – Pantai memang layak menjadi objek wisata unggulan Gunungkidul. Karena salah satu kabupaten di Yogyakarta ini menyimpan banyak destinasi wisata pantai yang memesona dan menarik untuk Sobat Turisian kunjungi. Salah satunya Pantai Ngeden atau tenar juga dengan sebutan Pantai Ngedan.

Objek wisata ini terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Di sini Sobat Turisian bisa menikmati keindahan garis pantai yang luas dan berpasir putih. Pantainya tidak terlalu luas namun landai dan nyaman.

Meskipun ombaknya tergolong tinggi, tetapi kalian  masih bisa bermain air dan pasir di tepian Pantai Ngeden, namun tetap harus hati-hati. Di sekitarnya pun cukup indah dengan rimbunan pohon dan bukit karang.

Berada di sebuah teluk tidak menghalangi angin laut berhembus di tempat wisata ini. Tampak pula pemandangan yang eksotis dengan batu karang. Banyaknya batu karang menjadikan Pantai Ngedan ini mempunyai banyak ikan yang tersembunyi di balik bebatuan karang.

Baca juga: Tiga Pantai di Gunungkidul Yogyakarta dengan Aktivitas Watersport Seru

Buat Sobat Turisian yang mempunyai hobi memancing, bisa menyalurkan hobinya di pantai Yogyakarta yang satu ini. Bahkan tak hanya memancing, kalian pun bisa berkemah di Pantai Ngeden ini.

Nah kalau yang gemar berburu sunset, Sobat Turisian bisa mendapatkannya di sini. Tinggal naik ke atas bukit yang mengapit Pantai Ngedan. Dengan menyusuri bukit sampai ke puncak, kalian akan terpuaskan untuk melihat pemandangan pantai dan laut yang indah serta sunset yang menawan.

Akses ke Pantai Ngeden Gunungkidul DIY

Untuk menuju ke objek wisata di Gunungkidul ini, Sobat Turisian hanya bisa menempuhnya hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sebab akses ke sini belum tersedia transportasi umum yang ramah. Setibanya di area parkir pantai ini, kalian harus berjalan kaki ke bawah, melalui jalan setapak menyusuri bukit.

Oh iya, kendaraan yang bisa masuk ke wisata Pantai Ngeden ini hanya bisa untuk roda dua  dan mobil kecil. Sedangkan untuk micro bus dan big bus belum bisa masuk ke area parkir pantai ini. Fasilitas pendukung di destinasi wisata tersebut juga sudah cukup memadai. Antara lain fasilitas musala, parkir, toliet, gazebo, dan warung makan.

Baca juga: Nongkrong Asik di Bukit Bintang Gunungkidul Jogja, Pas Buat Wisata Malam 

Sementara soal tiket masuk kawasan wisata Pantai Ngedan Gunungkidul ini, harganya cukup murah. Sobat Turisian hanya cukup bayar sebesar Rp5000,- per orang. Harga ini sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kebijakan pengelola.*

 

Pos terkait