Gunung Tumpa, Spot Terbaik Menikmati Lanskap Kota Mando dari Ketinggian

Gunung Tumpa Manado
Gunung Tumpa Manado. (Source: Dispar Manado)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang sedang berlibur atau berkunjung ke Manado, sempatkanlah mampir ke Gunung Tumpa. Dari atas gunung ini, kalian bisa menikmati pemandangan alam yang memukau, termasuk lanskap ibu kota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tersebut.

Objek wisata alam ini memiliki tinggi mencapai 600-750 meter. Terletak di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulut. Tepatnya di sisi utara Kota Manado dan dapat terlihat dari hampir semua arah daratan kota ini.

Meski tergolong ke dalam gunung dengan ukuran yang cukup rendah. Tapi gunung ini sering menjadi destinasi para pendaki pemula. Bahkan para pendaki berpengalaman pun senang berada di sini untuk sekadar menikmati pesona keindahannya.

Selain kegiatan mendaki, Gunung Tumpa pun merupakan spot untuk kegiatan sport tourism paralayang. Kegiatan ekstrem yang satu ini biasanya ramai pada saat libur akhir pekan atau hari libur lainnya.

Baca juga: Menikmati Kesegaran Alam di Air Terjun Kima Atas Manado

Di luar potensi wisatanya, gunung ini merupakan hutan lindung yang terdiri dari ribuan pepohonan yang di dalamnya masih terdapat beragam flora dan fauna eksotis. Di tempat wisata ini pun terdapat pepohonan kelapa yang kabarnya merupakan perkebunan milik warga setempat.

Pemandangan Eksotik di Gunung Tumpa 

Ketika berada di Gunung Tumpa, Sobat Turisian dapat menyaksikan pemandangan berupa lanskap Kota Manado dari ketinggian. Tampak pula deretan bangunan yang berada di kawasan Boulevard dan perbukitan yang memagari kota pada bagian tengah dan selatan, sehingga tampak sangat indah nan aduhai.

Begitu pandangan Sobat Turisian beralih ke arah laut, akan langsung tertuju ke berbagai pulau wisata yang berada di Teluk Manado. Di antaranya Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, hingga Pulau Lihaga yang berada di Minahasa Utara. Keseluruhan pulau tersebut akan terlihat terapung di atas air yang membentengi teluk tersebut.

Destinasi wisata alam Gunung Tumpa buka selama 24 jam, sehingga Sobat Turisian bisa melakukan segala aktivitas seru di sini kapanpun. Tidak hanya pada saat siang hari, banyak pengunjung berdatangan saat dini hari demi menyaksikan keindahan pemandangan sunrise dari gunung ini. Tak sedikit juga, pengunjung datang kala sore untuk menanti keindahan sunset.

Lokasi & Akses Gunung Tumpa Manado

Gunung ini berlokasi di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulut. Untuk menjangkaunya, Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan waktu sekira 60 menit dari Zero Point menggunakan kendaraan pribadi roda empat.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata di Sulut yang Menggiurkan, Apa Saja?

Jalan menuju ke puncak Gunung Tumpa cukup menguji adrenalin Sobat Turisian. Sebab terdapat sejumlah tanjakan yang tinggi dan beberapa lembah cukup curam. Meski begitu, lembah yang berada di sepanjang jalan menuju gunung ini tidaklah berbahaya.

Rasa lelah Sobat Turisian usai mendaki akan terbayar dengan lunas saat menyaksikan keindahan panorama yang tersaji di puncak gunung ini. Penjelajahan kalian ke sini pun akan semakin berkesan.*

Pos terkait