Serunya Menjelajahi Ekowisata Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Ekowisata Mangrove Gunung Anyar
Ekowisata Mangrove Gunung Anyar. (Source: Disbudporapar Surabaya)

TURISIAN.com – Sebagai kota pesisir di utara Jawa Timur, Surabaya memiliki banyak kawasan hutan mangrove (bakau). Selain sebagai pelestarian dan pencegahan abrasi, hutan ini juga menjadi objek wisata alam yang menarik. Salah satunya Ekowisata Mangrove Gunung Anyar.

Ekowisata mangrove ini terletak di Surabaya bagian timur, dengan luas mencapai kurang lebih 25 hektare. Tak hanya pesona alamnya yang indah, Sobat Turisian juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang menarik di tempat ini.

Di Mangrove Gunung Anyar Surabaya, Sobat Turisian bisa menikmati fasilitas area jogging track sepanjang 630m, wisata perahu, menara pantau setinggi 12 meter, spot foto, dan beragam fasilitas menarik lainnya. Selain itu, kalian juga bisa mencoba kegiatan penanaman dan pembibitan mangrove sebagai bentuk pelestarian dan pencegahan abrasi.

Objek wisata mangrove ini berada di Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. Mengusung konsep ekowisata dengan vegetasi utamanya berupa pohon mangrove. Hingga terkenal dengan sebutan hutan bakau Surabaya.

Baca juga: Tiga Ekowisata Mangrove di Surabaya yang Seru Buat Liburan Akhir Pekan

Setibanya di Ekowisata Mangrove Gunung Anyar, Sobat Turisian akan mendapat sajian pemandangan alam yang hijau yang memanjakan mata. Di sini tersedia jembatan untuk berjalan menyusuri bagian tengah pepohonan mangrove yang rimbun. Bahkan jembatan ini pun menjadi spot foto favorit pengunjung karena suasananya eksotik dan tentunya instagramable banget.

Di area jembatan kayu tersebut, Sobat Turisian menjajal berbagai ragam spot foto ciamik. Seperti Spot Sarang Burung, Spot Menara Pandang, Spot Demaga Bambu, dan masih banyak lagi lainnya. Menariknya lagi, kalian juga bisa menyusuri hutan mangrove ini dengan menggunakan perahu.

Fasilitas & Tiket Ekowisata Mangrove Gunung Anyar

Destinasi wisata mangrove di Medokan Ayu, Kota Surabaya ini sudah mempunyai berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Di antaranya area parkir, toilet, musala, gazebo, sewa perahu, spot foto, warung makan/kantin, dan lainnya.

Berkunjung ke Ekowisata Mangrove Gunung Anyar ini, Sobat Turisian tak perlu merogoh kocek untuk membeli tiket karena masuk ke sini gratis. Kalian hanya perlu membayar ongkos parkir kendaraan senilai Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Nah kalau ingin naik perahu, cukup bayar Rp50.000 per orang.

Baca juga: Yuk Piknik Asik ke Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya!

Kebijakan gratis biaya masuk ini pun sewaktu-waktu bisa berubah. Tergantung kebijakan pengelola kawasan wisata mangrove Surabaya yang satu ini.*

 

Pos terkait