Terpesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul
Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul, DIY. (Source: Dispar Gunungkidul)

TURISIAN.com – Gunungkidul merupakan kabupaten di Yogyakarta yang menyimpan banyak objek wisata alam yang memesona. Dari mulai pantai, gunung, hingga air terjun ada semuanya di daerah ini. Salah satu yang wajib Sobat Turisian datangi, yaitu Air Terjun Kedung Kandang.

Lokasi air terjun ini berada di Gunung Butak, Desa Wisata Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Tempatnya cukup tersembunyi di antara hamparan sawah, dengan keindahan yang bakal bikin Sobat Turisian terpesona.

Air Terjun Kedung Kandang memiliki ciri khas yang menjadi daya tariknya. Yaitu undakan-undakan seperti anak tangga yang terbentuk dari tebing-tebing vulkanik. Bahkan undakan atau tingkatan air tejun ini mencapai 6 tingkat, hingga tak heran banyak yang terpukau saat melihatnya.

Menariknya lagi, batu-batuan di air terjun ini pun mayoritas tergolong batuan vulkanik khas Gunung Api Purba Nglanggeran. Sebab objek wisata Yogyakarta yang satu ini memang letaknya tidak terlalu jauh dengan gunung api purba tersebut.

Baca juga: Rasakan Sensasi Serunya Camping di Tepi Pantai Greweng Gunungkidul

Letak objek wisata air terjun ini yang berada di persawahan masyarakat sekitar, membuat pemandangannya sangat alami. Tampak semakin menyegarkan mata, berhawa sejuk, dan tentunya terlihat hijau mempesona. Sungguh sangat memanjakan mata, Sob!

Akses Menuju Air Terjun Kedung Kandang

Menuju ke destinasi wisata Gunungkidul ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Kemudian untuk tiba di spot air terjun ini tidaklah mudah, Sobat Turisian harus melakukan tracking sekitar 900 meter.

Perjuangan tracking yang cukup menguras stamina tersebut akan terbayarkan dengan pesona keindahan Air Terjun Kedung Kandang. Tambah lagi dengan  panorama sekelilingnya, tampak hamparan sawah hijau yang sangat asri dan cantik.

Kalau kalian ingin mengunjungi objek wisata air terjun tersebut, sarannya datang pada saat musim penghujan, karena aliran airnya sangat deras. Berbeda saat musim kemarau, air terjun ini mengering sehingga terlihat kurang memukau.

Baca juga: Watu Giring Gunungkidul, Bekas Tambang Kapur Disulap jadi Tempat Wisata Kece

Di sekitar destinasi wisata ini terdapat pula beberapa objek kedung “aliran sungai” yang membelah persawahan Bendo. Ada Kedung Keris, Kedung Temanten, dan ada juga Kedung Jurug yang masing-masing memiliki keindahan tersendiri. Jadi saat berlibur ke sini, Sobat Turisian bisa sekaligus menikmati keindahan beberapa air terjun tersebut.*

 

Pos terkait