Telaga Dringo Banjarnegara yang Indah dan Tertinggi Se-Jawa Tengah

Telaga Dringo
Telaga Dringo Dieng Banjarnegara. (Disparbud Banjarnegara)

TURISIAN.com – Liburan ke Kabupaten Banjarnegara tak lepas dari daya tarik Dataran Tinggi Dieng. Selain menyajikan kawah yang eksotis, kawasan wisata ini pun menyimpan banyak objek wisata lainnya yang memesona. Seperti Telaga Dringo yang indah dan menjadi yang tertinggi di Jawa Tengah.

Telaga ini berada di ketinggian 2.222 mdpl, sehingga memiliki view alam yang menakjubkan. Dari tempat ini, Sobat Turisian bisa menikmati sajian telaga dengan pemandangan alam sekitarnya yang sangat indah, asri, udaranya segar, dan tenang. Pas banget buat spot healing kalian!

Objek wisata Telaga Dringo terletak di sebelah barat daya Dataran Tinggi Dieng atau lebih tepatnya masuk wilayah Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Berada dekat dengan destinasi wisata Sumur Jalatunda yang terkenal dengan mitos pengabul doanya.

Asyiknya lagi, sebelum tiba di telaga, Sobat Turisian akan melewati Kawah Candradimuka. Jadi bisa mampir dulu di kawah yang konon merupakan tempat penempaan Gatotkaca hingga menjadi ksatria kuat tersebut.

Terbentuknya Telaga Dringo ini akibat letusan Gunung Sinila pada tahun 1786. Pada saat letusan, gunung tersebut hancur dan menyisakan cekungan besar berupa kawah mati. Lama kelamaan terisi air hujan dan mata air yang muncul di sekitar telaga.

Baca juga: Telaga Warna Dieng yang Memesona dengan Air Berubah-ubah Warna

Dringo sendiri adalah tumbuhan yang banyak tumbuh secara alami di dekat telaga yang kemudian menjadi asal-usul nama telaga yang satu ini.

Camping di Telaga Dringo Banjarnegara

Kalau ingin puas menikmati dan mengeksplorasi keindahan objek wisata ini, Sobat Turisian bisa camping di tepian telaga. Aktivitas camping di sini cukup aman dan nyaman, baik bersama keluarga, teman, ataupun rekan kerja.

Posisi telaga yang tinggi membuat lanskap Dataran Tinggi Dieng terpampang indah di depan mata. Sobat Turisian bisa menyaksikan pemandangan perbukitan hijau yang mengelilingi Telaga Dringo.

Suasananya pun masih asri dan bebas dari polusi udara, membuat nilai tambah  pesona keindahan dan kesejukan udara di tempat ini. Selain keindahan pemandangannya persediaan air bersihnya juga terjamin.

Kegiatan camping di Telaga Dringo juga menawarkan kesempatan Sobat Turisian untuk melihat sunrise menyinari Dataran Tinggi Dieng di kala pagi hari. Spot yang pas untuk menikmati sunrise tersebut, kalian perlu menaiki bukit di dekat telaga. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Bukit Cemeti.

Dari Bukit Cemeti, pemandangan kala sang mentari terbit tersebut akan tampak jelas dan tak terhalang apapun. Berbeda jika melihatnya dari titik telaga, view sunrise akan sedikit tertutup bukit-bukit kecil di sekitar telaga.

Jika cuaca sedang cerah dan tidak berkabut, Sobat Turisian juga bisa melihat view gunung-gunung di Dieng. Seperti Gunung Sindoro, Gunung Petarangan, Gunung Butak, dan lainnya. Beres menikmati sunrise dan keindahan alam sekitar, Sobat Turisian bisa turun dari Bukit Cemeti di pagi hari sambil menikmati secangkir kopi panas di sekitaran tenda.

Akses ke Telaga Dringo

Namun untuk menikmati semua pesona keindahan Telaga Dringo tersebut, perlu sedikit perjuangan. Sebab akses menuju telaga ini masih cukup sulit. Untuk mencapainya Sobat Turisian harus melewati hutan dengan jalan setapak kecil.

Baca juga: Traveling ke Kawah Sikidang, Spot Wisata Favorit di Dataran Tinggi Dieng

Selain itu, kondisi jalannya belum tertata dengan baik dan belum beraspal dengan medan menanjak. Itulah yang menyebabkan telaga ini belum banyak pengunjung.*

 

Pos terkait