Telaga Warna Dieng yang Memesona dengan Air Berubah-ubah Warna

Telaga Warna Dieng
Telaga Warna Dieng Wonosobo, Jateng. (Source: Disparbud Wonosobo)

TURISIAN.com – Kawasan Dataran Tinggi Dieng ini berada di dua kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Tempat ini menyimpan banyak objek wisata yang menarik dari wisata alam hingga budaya ada. Salah satunya Telaga Warna yang masuk wilayah Wonosobo.

Kata “warna” pada nama telaga ini muncul karena keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini. Yaitu warna airnya yang sering berubah-ubah. Unik dan menarik kan? Makanya Sobat Turisian wajib berkunjung ke objek wisata ini.

Warna dari telaga ini terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna-warni seperti pelangi. Fenomena unik tersebut terjadi karena air Telaga Warna mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sehingga ketika sinar matahari mengenainya, maka warna airnya tampak berwarna-warni.

Objek wisata Wonosobo ini terletak di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 40 hektare. Di sekelilingnya pun Sobat Turisian bisa melihat bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitar destinasi wisata ini.

Baca juga: Tamasya Bersama Keluarga ke Telaga Merdada Banjarnegara

Di samping itu, Sobat Turisian juga bisa melihat dua telaga dari atas bukit. Karena di sebelah Telaga Warna ada Telaga Pengilon yang berkilau seperti cermin saking jernih airnya. Terdapat bukit sebagai spot yang sangat pas untuk menikamti keindahan dua telaga ini.

Salah satu bukit yang bisa Sobat Turisian kunjungi untuk melihat betapa indahnya kedua telaga tersebut, yaitu Bukit Sidengkeng. Kalian bisa menjangkaunya melalui akses jalan yang tidak terlalu jauh dari pertigaan, sekira 1 km sebelum objek wisata tersebut.

Waktu Berkunjung & Fasilitas di Telaga Warna

Ada pilihan waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Telaga Warna yang memesona, yaitu saat pagi atau siang hari. Sebab Sobat Turisian bisa merasakan udara sejuk yang membuat suasana di kawasan Dieng menjadi nyaman untuk bersantai. Lalu kalau di sore hari, kabut tebal akan menutupi daerah sekitar telaga, sehingga kalian tidak dapat menikmati keindahan alamnya.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng yang Memesona, Menarik untuk Dikunjungi!

Fasilitas penunjang yang ada di destinasi wisata Wonosobo yang satu ini pun sudah cukup memadai. Di antaranya toilet, musala, gazebo, parkir, dan lainnya. Di kawasan wisata ini juga, tersedia beberapa warung makanan yang menjual makanan.*

 

 

Pos terkait