Melihat Kawah Candradimuka yang Elok di Dataran Tinggi Dieng

Kawah Candradimuka
Kawah Candradimuka Dieng, Banjarnegara, Jateng. (Source: Disparbud Banjarnegara)

TURISIAN.com – Dalam epos Mahabarata, Kawah Candradimuka merupakan tempat menyucikan  Gatotkaca yang masih bayi dan berwujud raksasa oleh Batara Guru. Hal itu bertujuan untuk menghilangkan sisi jahat atau sifat raksasa yang cenderung jahat. Panasnya air di kawah ini pun membuat Gatotkaca menjadi gagah perkasa dan jadi sosok baik.

Nah di Indonesia ada kawah yang bernama Candradimuka lho! Buat Sobat Turisian yang belum tahu dan penasaran, langsung saja meluncur ke Dataran Tinggi Dieng. Tepatnya di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Penamaan kawah di Banjarnegara seperti itu, karena suhu air di kawah ini bisa mencapai lebih dari 100 derajat Celcius. Sama seperti yang ada di dalam cerita pewayangan Mahabarata tadi. Makanya, Sobat Turisian yang melihat langsung ke lokasi, harap hati-hati dan menaati peraturan yang ada.

Kawah Candradimuka menjadi salah satu daya tarik utama wisata Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau). Sebuah kawasan yang sudah menjadi tempat liburan populer di Indonesia dengan pesona alam, sejarah, dan budayanya. Selain kawah ini, masih banyak tempat menarik yang rekomended dengan pesona alamnya yang memukau.

Panorama & Spot Foto di Kawah Candradimuka

Objek wisata unggulan Kabupaten Banjarnegara ini memang belum setenar kawah lain, seperti Kawah Sikidang dan Kawah Sileri. Tetapi panorama yang tersaji di kawah ini tak kalah memesona. Keindahan alamnya akan menghipnotis dan memikat siapa saja yang mengunjuginya.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng yang Memesona, Menarik untuk Dikunjungi!

Pemandangan dan keindahan alamnya juga menyajikan spot-spot cantik nan eksotik untuk aktivitas hunting foto. Sobat Turisian bisa mendapatkan foto-foto kece dengan landmark kawah dan batuan instagenic di tempat wisata yang satu ini.

Bagi Sobat Turisian pecinta alam, mengunjungi Kawah Candradimuka adalah tantangan tersendiri. Sebab akan menemukan trek yang cukup menantang dan syarat akan adrenalin. Rasakan pula atmosfer berlibur yang tak akan pernah terlupakan bersama orang tercinta di tempat wisata Banjarnegara satu ini.

Lokasi & Akses ke Kawah Candradimuka

Kawah yang satu ini berada di kawasan pegunungan yang sudah terkenal dengan surga wisata negeri atas awan. Letaknya masuk wilayah di Sidomulyo, Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Baca juga: Tamasya Bersama Keluarga ke Telaga Merdada Banjarnegara

Sobat Turisian bisa dengan mudah untuk berwisata ke kawasan tersebut dengan akses jalan yang baik. Untuk jarak objek wisata alam Kawah Candradimuka kurang lebih 13 km dari kawasan Candi Dieng.*

 

Pos terkait