Tour de Flores Heritage, Bakal Libatkan Mantan Pembalap Nasional

Tour de Flores Heritage
Ilustrasi. Sepeda Motor Touring. (Pixabay.com)

TURISIAN.com – Peserta turing Tour de Flores Heritage tahun ini akan melibatkan Komunitas Legend Riders atau Legend Riders Club.

Event bertajuk “Jelajahi Flores 1001 Tikungan” yang akan berlangsung pada  pada 24-30 Oktober 2022 itu bakal menghadirkan tokoh-tokoh balap tanah air.

Terutama, mereka yang Namanya pernah melambung pada era 1980-1990-an.

Adapun para legenda balap yang mengikuti turing bertajuk ini yakni Chepot Hani Wiano, Rio Sarwono, Fauzi Aldjufrie, Dolly Indra Nasution, Dani Sarwono.

Ada juga Dodo TS, Arie Hermanto, Irwan Rachim, Joel D. Mastana dan lain-lain.

BACA JUGA: Mengenal Tari Caci, Tari Perang dari Manggarai Flores NTT

Nantinya, para legenda ini diajak untuk mampir sejenak di pusat-pusat peradaban tua di Flores. Seperti Kota Reinha Larantuka, sebagai peninggalan satu-satunya kerajaan Katolik di Indonesia.

Kemudian ada  kampung-kampung adat (Nagekeo), kampung megalitik Bena (Ngada), situs Homo Floresiensis di Liang Bua (Manggarai) hingga Warloka/Golo Mori (Manggarai Barat).

Alex Dungkal Ketua Tour de Flores Heritage, pada Minggu 16 Oktober 2022 mengatakan, sebanyak 20 sepeda motor dari berbagai merek milik para pereli senior tersebut telah berangkat.

BACA JUGA: Berwisata ke Pulau Kepa Alor, Menikmati Alam yang Indah Memesona

Dukungan dari Kementerian Pariwisata

Mereka sudah mulai berangkat dari Balai Sarwono, Jeruk Purut, Jakarta Selatan menuju Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Jumat 14 Oktober 2022.

Motor para riders ini diangkut menuju Maumere menggunakan ekspedisi milik orang lokal atau Flores.

“Kegiatan turing menjelajahi Flores ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Lingkungan Hidup,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan tour ini tidak hanya sebatas mengukur jalan, namun pihaknya telah bersepakat dengan para Riders untuk mengunjungi warisan-warisan budaya yang tersebar dari ujung timur hingga barat Flores.

BACA JUGA: 5 Tarian Tradisional Indonesia yang Sudah Tenar Hingga ke Mancanegara

“Selain itu, kita juga melakukan aksi penyelamatan lingkungan hidup. Berupa penanaman manggrove di beberapa titik yang difasilitasi oleh Direktorat Rehabilitasi Perairan Darat dan Mangrove KLHK,” katanya.

Di sela-sela kegiatan ini, para riders juga akan melakukan aksi sosial, sumbangan buku, dan penanaman Mangrove di kawasan Sikka, Maumere.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Lingkungan Hidup mendukung penyelenggaraan Tour de Flores Heritage, pada 24-30 Oktober 2022.

BACA JUGA: Menjelajah TWA Ruteng NTT untuk Menikmati Keindahan Danau Ranamese

Penanaman manggrove akan difasilitasi oleh Direktorat Rehabilitasi Perairan Darat dan Mangrove Ditjen (PDASRH) KLHK.

Sementara sumbangan buku dilaksanakan dengan dukungan Yayasan Flores Abdi Bangsa (FAB) dan Yayasan Cipta Insan Bhakti (YCIB).

Sebagai catatan, selain sebagai mantan pembalap yang namanya berkibar gemilang di masa lalu. Mereka ini merupakan pengusaha-pengusaha nasional.

Harapannya, kehadiran para riders ini akan membuka pintu Investasi bagi bumi Flores. ***

Pos terkait