Berwisata ke Pulau Kepa Alor, Menikmati Alam yang Indah Memesona

Pulau Kepa Alor
Pulau Kepa di Kabupaten Alor, NTT yang memesona. (Source: Dispar Alor)

TURISIAN.com – Pulau Kepa yang terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki panorama alam yang sangat indah dan memesona. Bahkan alam bawah lautnya pun sama indahnya. Sobat Turisian yang suka menyelam atau snorkeling, wajib merapat ke tempat ini.

Begitu tiba di Pulau Kepa, di depan mata Sobat Turisian akan tersaji hamparan pasir putih nan bersih. Sesaat kemudian, Sobat Turisian bisa duduk-duduk santai sejenak untuk menatap samudera dengan berbagai bukit hijau yang menawan. Tambah lagi pulau-pulau kecil di sekitar Kepa akan memanjakan mata.

Lanjut dengan alam bawah laut Pulau Kepa yang memesona dengan terumbu karang yang dinominasikan sebagai salah satu karang terindah di dunia. Hal ini tidak mengherankan karena kawasan ini dikelilingi Laut Timor, Laut Sawu, dan Laut Flores yang menjadi tempat persilangan bagi paus. Jadi, jika Sobat Turisian beruntung, akan melihat paus muncul di permukaan.

Bagi Sobat Turisian yang ingin melihat kehidupan laut Pulau Kepa yang sangat kaya, bisa menyelam atau snorkeling. Kalian juga bisa berenang bersama dengan ikan berwarna-warni yang kadang bersembunyi di terumbu karang.

Menariknya lagi, air laut yang jernih dan biru di Pantai Kepa, membuat terumbu karang di bawahnya terlihat dengan jelas. Terumbu karang di Alor disebut-sebut sebagai salah satu yang tercantik di dunia, termasuk di Kepa. Keindahan itulah yang katanya menarik perhatian dan memanjakan turis yang menyukai snorkeling dan diving saat melancong ke Kepa.

Baca juga: Tiga Tempat Wisata di Alor NTT yang Bikin Betah dengan Sajian Ragam Aktivitas Seru

Ada sekitar 42 titik menyelam yang saling berdekatan di pulau ini, sehingga akan memudahkan dan memuaskan Sobat Turisian untuk menjelajahi kehidupan laut. Airnya yang seperti kristal juga menciptakan visibilitas perairan yang jelas.

Fasilitas di Pulau Kepa Alor

Suasana di objek wisata alam Alor ini juga jauh dari modernitas dan minim fasilitas. Jadi jangan harap Sobat Turisian bisa menemukan warung yang menjual makanan. Makanya, Sobat Turisian harus membawa bekal makanan untuk liburan di Pulau Kepa.

Perbekalan tersebut bisa Sobat Turisian siapkan sebelum menyeberang. Atau dapat membeli makanan kecil di warung-warung yang tersedia di Kalabahi atau di Desa Alor Kecil. Meski begitu, Pulau Kepa merupakan tujuan terbaik bagi Sobat Turisian yang ingin menjelajahi alam dan menikmati panorama bawah laut.

Walau warung makanan minim, di Pulau Kepa terdapat beberapa bungalow yang bisa Sobat Turisian sewa buat tempat penginapan. Di pulau ini juga tersedia penyewaan peralatan snorkeling dan diving bagi Sobat Turisian yang menyukai olahraga air tersebut.

Lokasi & Rute ke Pulau Kepa Alor

Untuk menuju ke pulau ini, Sobat Turisian membutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan kapal motor dari dermaga kecil di Pulau Alor. Pulau Alor sendiri bisa Sobat Turisian tempuh dengan penerbangan sekitar 45 menit dari Bandara El Tari Kupang, ibu kota NTT ke Kalabahi, ibu kota Pulau Alor.

Baca juga: Gunung Fatubraun Kupang dengan Panorama Alam yang Eksotis dan Memikat Mata

Kalabahi menjadi tempat transit bagi wisatawan sebelum melanjutkan perjalanan ke gugusan pulau kecil yang mengelilingi Alor, termasuk Pulau Kepa. Dari Bandara Kalabahi di Alor, Sobat Turisian masih perlu melanjutkan perjalanan sekitar 1,5 jam dengan mobil, lalu berlanjut naik kapal.  Pulau ini belum memiliki infrastruktur yang memadai. Tidak ada jalan aspal, angkutan umum, atau warung makan.*

 

 

Pos terkait