Tamasya Bersama Keluarga ke Telaga Merdada Banjarnegara

Telaga Merdada Banjarnegara
Telaga Merdada Banjarnegara. (Source: Disparbud Banjarnegara)

TURISIAN.com – Berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara tak hanya menikmati sejumlah kawah. Namun Sobat Turisian juga bisa mengunjungi salah satu danau yang berada di sekitar kawasan wisata Dieng, yaitu Telaga Merdada bersama keluarga.

Letak telaga ini berada di sebelah barat Pegunungan Dieng, di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Luasnya sekitar 25  hektare dan berada di atas ketinggian 2045 mdpl. Hal inilah yang membuatnya sebagai salah satu telaga yang terluas di Dataran Tinggi Dieng.

Luasnya telaga ini menjadi alasan munculnya nama “merdada” yang dalam Bahasa Jawa merujuk pada “dada”, yang mengandung makna lapang atau  luas. Untuk kedalaman danau ini kurang lebih 2 hingga 10 meter.

Sementara di tepi-tepi Telaga Merdada tampak berbagai jenis tanaman sayuran milik masyarakat setempat. Bahkan di objek wisata danau ini juga hidup beragam ikan air tawar yang sangat melimpah.

Objek danau tersebut berada di antara dua bukit. Yaitu Bukit Pangonan dan Bukit Semurup yang sebenarnya bernama Summer Up karena tanah bukit ini berwarna merah dan sering terjadi kebakaran. Tapi terjadi kesalahan  pengucapan oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: Museum Kailasa Banjarnegara Simpan Peninggalan Purbakala Dataran Tinggi Dieng

Dahulu kala Telaga Merdada merupakan kawah gunung berapi yang kemudian terisi air. Namun karena  airnya yang tidak pernah surut meskipun musim kemarau. Maka danau ini menjadi sumber pengairan untuk ladang pertanian.

Daya Tarik Wisata Telaga Merdada

Di tempat wisata Jateng yang satu ini, Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan yang sangat indah memesona. Suasananya pun sangat asri dan sejuk dengan telaga berair jernih dan perbukitan hijau mengelilinginya membuat makin betah dan pikiran jadi tenang lepas dari kepenatan.

Tak hanya itu, di Telaga Merdada ini juga Sobat Turisian bisa menghabiskan waktunya dengan memancing. Atau sekadar berkeliling dengan perahu kecil yang bisa kalian sewa dari penduduk setempat. Kawasan wisata ini juga sering menjadi area perkemahan.

Aktivitas lainnya yang mesti kalian lakukan di sini, yakni berburu spot foto-foto yang eksotik dan instagenic. Pokoknya tempat wisata di Banjarnegara cocok banget buat tujuan tamasya bersama keluarga atau teman-teman.

Jam Buka & Harga Tiket Telaga Merdada

Destinasi wisata danau alami ini buka untuk umum setiap hari, mulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya, Sobat Turisian hanya cukup membayar sekitar Rp5.000 per orang. Murah meriah Sob, tapi tempatnya mengasyikkan!

Baca juga: Mencoba Kelezatan Soto Krandegan Khas Banjarnegara

Biaya tambahan lainnya di wisata Telaga Merdada, yaitu retribusi parkir kendaraan sebesar Rp2.000,- untuk sepeda motor dan Rp5.000,- untuk mobil. Perlu kalian ingat, harga tiket telaga dan retribusi parkir bisa berubah sewaktu-waktu.

Tempat ini pun sudah memiliki sejumlah fasilitas menarik yang bisa Sobat Turisian nikmati. Di antaranya area parkir yang luas, toilet, musala, gazebo, gardu pandang, spot foto, perahu kayak, warung kopi, dan yang lainnya.

Akses Menuju Telaga Merdada

Transportasi yang bisa Sobat Turisian pakai untuk berwisata ke objek wisata Banjarnegara ini, yaitu kendaraan pribadi, baik mobil atau motor. Dengan memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan daripada kendaraan umum.

Baca juga: Bukit Asmara Situk , Wisata Banjarnegara yang Menggoda Adrenalin

Akan tetapi kalau Sobat Turisian ingin memakai kendaraan umum, bisa pilih bus umum atau angkutan lainnya. Kalian bisa berhenti di terminal bus kota Batur. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan  ojek menuju Desa Karang Tengah hingga tiba di Telaga Merdada.*

Pos terkait