Mencoba Kelezatan Soto Krandegan Khas Banjarnegara

Soto Krandegan Banjarnegara
Soto Krandegan Banjarnegara. (Source: Disparbud Banjarnegara)

TURISIAN.com – Sobat Turisian mungkin jarang mengetahui tentang soto khas Kabupaten Banjarnegara di Jawa Tengah. Makanan khas ini juga populer dengan sebutan Soto Krandegan. Tergolong jenis soto yang unik karena berbeda dengan yang ada di daerah lain. Itulah yang menjadi daya tariknya dan wajib Sobat Turisian cicipi langsung!

Seperti beda dengan Soto Bancar atau Soto Sokaraja yang merupakan kombinasi kuah bening dan kacang tanah. Justru Soto Banjarnegara ini mempunyai kuah kuning, sepintas mirip dengan opor. Namun setelah mencobanya, Sobat Turisian akan merasakan rasa yang jauh berbeda dengan opor.

Perpaduan kuah kuning dengan santan yang bercampur dan merebusnya bersama tulang-tulang serta daging sapi, menambah cita rasa gurih pada Soto Krandegan. Masyarakat Banjarnegara biasa menyantap soto yang satu ini bersama dengan ketupat.

Baca juga: Museum Kailasa Banjarnegara Simpan Peninggalan Purbakala Dataran Tinggi Dieng

Ketupat tersebut mereka guyur dengan kuah, tidak lupa tambahkan taoge muda. Lalu beri taburan irisan daun bawang dan bawang goreng yang menambah sedapnya soto tersebut. Tidak lupa masukkan irisan daging yang tadi sudah direbus bersama kuah soto.

Di daerah asalnya yakni Kabupaten Banjarnegara, Soto Krandegan sendiri belum banyak yang menjualnya. Beberapa penjual soto Banjarnegara ini, berlokasi di belakang SMK Cokroaminoto, di alun-alun depan Kantor Pemkab Banjarnegara.

Kemudian di daerah Krandegan ada dua penjual, tepatnya di  Jalan MT. Haryono. Satu lagi pedagang keliling yang biasanya mangkal di sekitar pertigaan toko jam Santosa dan lapangan tenis Kabupaten Banjarnegara pada siang hari.

Baca juga: Bukit Asmara Situk , Wisata Banjarnegara yang Menggoda Adrenalin

Saking lezatnya, jadi ada pepatah belum lengkap rasanya jika ke Banjarnegara belum mencicipi makanan khas yang satu ini. Pasti rasanya tidak akan mengecewakan. Sobat Turisian tinggal pilih lokasi para penjual Soto Krandegan di atas, saat berkunjung ke salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini.*

Pos terkait