Pesona Air Terjun Takapala di Gowa yang Memanjakan Mata

Air Terjun Takapala
Air Terjun Takapala di Gowa, Sulsel. (Source: Disbudpar Sulsel)

TURISIAN.com – Saat Sobat Turisian berlibur atau berkunjung ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), sempatkan diri mampir ke objek wisata Air Terjun Takapala. Keindahan alamnya memesona dan terletak tak jauh dari perkotaan, sehingga mudah untuk kalian jangkau.

Air Terjun Takapala dengan aliran air yang deras ini mempunyai ketinggian hingga 109 meter. Dengan latar belakang bebatuan berlapis tipis lumut hijau dan tanaman rambat kecil. Menjadikannya tampil sangat memesona dan memanjakan mata.

Terlebih lagi udara sejuk di kawasan Malino tersebut membuat Sobat Turisian semakin betah menghabiskan waktu di destinasi wisata alam ini. Tampak pula kolam jatuhan air terjun yang jernih yang bakal menggoda kalian untuk segera turun merasakan kesegarannya. Namun kalian harap berhati-hati dan bermain air di tepian saja, karena arusnya cukup deras.

Ada berbagai fasilitas penunjang pula di objek wisata Air Terjun Takapala ini yang bisa Sobat Turisian nikmati. Antara lain area parkir, toilet, gazebo, kantin, dan berbagai penginapan di sekitar lokasi wisata.

Baca juga: Wisata Sejarah dan Budaya di Istana Balla Lompoa, Peninggalan Kerajaan Gowa

Tempat wisata Gowa yang satu ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 WITA sampai 17.00 WITA. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya sekitar Rp10 ribu per orang.

Lokasi & Rute Menuju Air Terjun Takapala

Sobat Turisian yang tertarik berkunjung ke destinasi air terjun ini bisa mencapai dengan akses yang mudah. Selain akses jalannya yang sudah bagus, jalur trekkingnya juga cukup dekat dan mudah.

Posisi destinasi wisata ini pun berada di dekat perkotaan, sehingga bisa mengandalkan google maps yang terpasang di gadget kalian. Tak hanya itu, tempatnya sudah populer jadi tak sulit jika menanyakan kepada warga setempat.

Lokasi Air Terjun Takapala berada di Desa Bontolerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Rute menuju lokasinya, Sobat Turisian akan menempuh jarak sekira 6 km dari pusat kota Malino. Perjalanan juga bisa kalian tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Baca juga: Angngaru, Tradisi Lisan Masyarakat Gowa untuk Bersumpah

Kalau Sobat Turisian ingin menggunakan kendaraan umum, bisa berangkat dari Terminal Mallengkeri, kota Makassar. Dari situ naik angkutan jurusan Terminal Sungguminasa dan teruskan dengan angkot ke Malino.*

 

 

Pos terkait