Terpesona Keindahan Gugusan Gili Cantik Desa Sekotong Barat

Desa Sekotong Barat
Gili Kedis "Pulau Cinta", salah satu gili cantik di Desa Sekotong Barat.

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian penikmat keindahan bahari wajib merapat ke pulau-pulau (gili-gili) kecil Desa Sekotong Barat, Lombok Barat, NTB. Dijamin pasti akan betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini.

Sobat Turisian bisa menyisir pantai dengan hamparan pasir putih halus menyapa kaki tanpa alas. Langit nan memesona, udara jernih yang menyegarkan, tambah suara kecipak ombak tenang. Serta hijaunya punggung-punggung perbukitan rendah di satu sisi.

Lalu beranjak melangkah sedikit ke tengah laut, warna-warni terumbu karang dan ikan-ikan ramah akan menyambut, menambah suasana hati makin senang. Perairan yang dangkal, memungkinkan anak kecil menikmati kecantikan biota laut. Meski harus dengan pengawasan orang tua.

Gugusan gili di Desa Sekotong Barat ini memiliki pemandangan yang memukau. Dengan suasana yang cenderung sepi, memberikan kesempatan bagi para Sobat Turisian untuk benar-benar menikmati liburan. Cocok sekali buat healing atau refreshing menyegarkan badan dan pikiran.

Baca juga: Yuk Main ke Taman Langit Bukit Bengkaung Lombok yang Lagi Ngehits!

Mengunjungi gili-gili cantik tersebut, Sobat Turisian bisa menikmati dengan cara island hopping. Atau bisa menginap di salah satu pulau yang punya fasilitas akomodasi, seperti Gili Nanggu.

Gili-gili di Desa Sekotong Barat

Gili Nanggu merupakan pulau pertama yang wajib Sobat Turisian kunjungi di Sekotong Barat. Berjemur di hamparan pasir putih tepi pantai dengan sinar matahari berlimpah menjadi aktivitas wajib bagi penyuka matahari tropis. Sembari menyelami ketenangan pesisir pantai yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Puas mengeksplorasi Gili Nanggu, Sobat Turisian bisa melanjutkan island hopping ke gili sekitarnya yang tak kalah mempesona.  Ada gugusan gili Gita Nada, yang merupakan akronim dari nama Gili Tangkong, Gili Nanggun, dan Gili Sudak.

Jarak antar gili di Desa Sekotong Barat hanya sekitar ratusan meter sehingga bisa kalian tempuh dalam 10-15 menit menggunakan perahu motor. Sobat Turisian juga tak boleh lewatkan kesempatan menyambangi biota bawah laut yang perawan.

Suasananya juga tenang sangat memanjakan mata. Terutama Gili Sudak yang terumbu karangnya terlihat jelas dengan mata telanjang, hingga jarak belasan meter. Sekelilingnya laut jernih nyaris tak berombak bagaikan kolam. Sobat Turisian penyuka wisata bahari pasti betah menikmati hari di sini.

Geser lagi ke gili yang lain, yaitu Gili Kedis Sang “Pulau Cinta”. Hanya 10 menit perjalanan dari Gili Sudak, Sobat Turisian sudah sampai di gili yang sering disebut sebagai Pulau Cinta atau Lover Island ini.

Baca juga: Wisata Baru Lombok Satnite Saribaye, Tempat Asyik Buat Nongkrong

Sesuai namanya, Kedis berarti “kecil” dalam bahasa setempat. Ukurannya mungil dan tak berpenghuni dan hanya butuh 5 menit untuk mengelilingi seluruh keluasannya.

Akses ke Desa Sekotong Barat

Desa ini merupakan pintu masuk utama wisata Lombok Barat yang wilayah sekelilingnya hamparan laut di tiga sisi. Akses untuk menuju Desa Sekotong Barat, Sobat Turisian membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit jalan darat dari Bandara International Lombok. Kemudian lanjut naik perahu motor selama 15 menit yang bertolak dari Dermaga Tawun.*

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait