Mengenal Perjuangan Rakyat Kalimantan Selatan Lewat Museum Wasaka

Museum Wasaka
Museum Wasaka Banjarmasin. (Source: meratusgeopark.org)

TURISIAN.com – Museum Wasaka merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing. Di tempat ini, Sobat Turisian bisa mengenal sejarah perjuangan rakyat Kalimantan Selatan melawan penjajahan Kolonial Belanda. Hal tersebut dapat Sobat Turisian lihat dari koleksi benda-benda bersejarah di dalam museum ini.

Objek wisata edukasi sejarah ini bertempat di Rumah Banjar Bubungan Tinggi yang kemudian dialihfungsikan dari bangunan hunian menjadi museum. Peresmiannya berlangsung pada tanggal 10 November 1991.

Lokasi Museum Wasaka terletak di Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Museum ini berada di tepi Sungai Martapura, berdampingan dengan Jembatan 17 Mei (Jembatan Banua Anyar) yang besar, panjang, dan kokoh.

Meskipun bentuk museum ini mungil, tapi di dalamnya tersimpan sekitar 400 benda-benda bersejarah selama perang kemerdekaan. Di sini Sobat Turisian bisa mengenal koleksi senjata-senjata modern hingga tradisional rakyat Banjar.

Baca juga: Menara Pandang, Spot Terbaik Menikmati Pesona Kota Banjarmasin

Sebenarnya, ada banyak benda peninggalan dari berbagai perang. Seperti Perang Banjar, Perintis Kemerdekaan, Perang Kemerdekaan, Pengisian Kemerdekaan, hingga periode Orde Baru. Namun, karena tempat atau museumnya tidak memadai, terpaksa yang tampil hanya koleksi benda-benda di periode Perang Kemerdekaan.

Benda Koleksi Museum Wasaka

Beberapa benda yang bisa Sobat Turisian lihat di museum ini, antara lain berbagai jenis senjata yang digunakan pejuang Banjar di masa revolusi fisik tahun 1945-1949. Sebut saja senapan angin yang badannya dari kayu.

Kemudian ada juga pakaian barajah yang bertulisan mantra-mantra tertentu agar kebal dari serangan musuh. Seperti baju kaus dalam, baju luar, ikat kepala dan babat.

Di bagian depan museum ini dipamerkan foto-foto mereka yang pernah menjadi Gubernur Kalsel hingga yang sekarang masih menjabat. Di bagian tengah, di lorong sebelah kanan, Sobat Turisian bisa melihat teks proklamasi pernyataan warga Kalsel untuk bergabung sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Dua Kuliner Khas Banjarmasin yang Wajib Dicoba Kelezatannya

Objek wisata edukasi ini ramai pengunjung saat Sabtu dan Minggu. Museum Wasaka ini beroperasi tiap Selasa hingga Kamis pukul 09.00-12.00 WITA, Jumat pukul 09.00-11.00 WITA. Serta Sabtu dan Minggu pukul 09.00-12.30 WITA.*

 

 

Sumber: Pemkot Banjarmasin

Pos terkait