Menara Pandang, Spot Terbaik Menikmati Pesona Kota Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin
Menara Pandang Banjarmasin. (Source: Disbudpar Banjarmasin)

TURISIAN.com – Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan terkenal dengan pasar terapungnya, hingga menjadi atraksi wisata yang menarik. Tetapi bagi wisatawan yang ingin ketenangan dengan suasana rileks di kota ini, bisa mencoba menaiki Menara Pandang Banjarmasin.

Kini Menara Pandang Banjarmasin menjadi salah satu tempat wisata populer dan ikon kota tersebut. Selain pasar terapung, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Sultan Suriansyah, dan Masjid Jami’ Banjarmasin.

Lokasi menara berada di Siring Jalan Kapten Pierre Tendean, Banjarmasin. Berada dekat pasar terapung buatan Pemerintah Kota Banjarmasin di tepi Sungai Martapura.

Objek wisata tersebut dibuka setiap hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WITA. Untuk Sabtu dibuka pukul 10.00-22.00 WITA dan Minggu buka mulai pukul 08.00-21.00 WITA. Biasanya, tempat ini akan dipenuhi pengunjung saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Menara Pandang Banjarmasin terdiri dari 4 lantai, pada bagian atas atau lantai tiga merupakan area terbuka dan menjadi spot favorit. Pengunjung bisa naik ke area terbuka itu untuk menikmati panorama indah lanskap Kota Banjarmasin dari ketinggian.

Baca juga: Bontang Kuala, Pelopor Desa Wisata di Kalimantan Timur

Agar view-nya lebih indah, baiknya datang saat cuaca sedang cerah. Hamparan Kota Banjarmasin akan tampat dengan jelas. Mulai dari aliran sungai Martapura, lalu-lalang perahu, kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dan pemandangan sekitarnya, ditemani semilir angin yang menyejukkan.

Di spot itu wisatawan bisa relaksasi sejenak dari rutinitas. Atau lebih memilih menambah koleksi foto media sosial dengan swafoto di atas menara.

Meski terbuka, lantai atas Menara Pandang ini dijamin aman dan nyaman. Sekalipun membawa anak kecil. Karena sekelilingnya sudah dibatasi pagar yang tinggi.

Masuk ke Menara Pandang Banjarmasin tidak dipungut biaya alias gratis. Pengunjung hanya dikenai biaya parkir jika membawa kendaraan. Di sekitarnya juga terdapat banyak penjual ragam makanan dan minuman, terutama di hari Minggu.

Selain itu, pada momen-momen perayaan besar, area menara juga biasa dijadikan venue acara dan perlombaan. Seperti event pemerintah, Banjarmasin Expo, acara sosial, dan lainnya.

Baca juga: 4 Hotel Terbaik Bagi Backpacker Saat Liburan di Bintan

Pengunjung bisa sepuasnya mengeksplorasi dan menikmati suasana Kota Banjarmasin di Menara Pandang tersebut. Namun dengan syarat tetap menjaga kebersihan dan ketertiban. Apalagi di saat kondisi pandemi masih berlangsung hingga kini, harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di sana, ya!*

 

Pos terkait