Berbekal Sejarah Perdagangan Dunia, Makassar Siap Jadi Poros MICE Indonesia

Makassar poros MICE
Celebes Convention-Center salah satu fasilitas MICE di Makassar. (Fb Ballroom-CCC)

TURISIAN.com – Berbekal sejarah panjang dalam perdagangan jalur sutera, Kota Makassar di Sulawesi Selatan dijagokan sebagai poros maritim dunia dan poros Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) Indonesia. Ditambah posisi Makassar yang strategis sebagai pintu masuk Indonesia dari sisi timur.

Mengutip dari laman mice.id, Makassar juga mempunyai kontribusi yang besar bagi sejarah perdagangan Nusantara. Pada abad ke-15 sebagai awal pertumbuhannya, Makassar telah menunjukkan peran sebagai kota pelabuhan dalam perdagangan dunia. Serta masuk dalam jaringan perdagangan sutera yang menghubungkan antara dunia niaga Asia dan Eropa.

Dulu, ibu kota Sulawesi Selatan ini dikenal memiliki armada maritim yang kuat. Pelabuhannya pun menjadi tempat bersandar kapal dari berbagai penjuru dunia. Tak heran, jika kota ini dijuluki Kota Pelabuhan.

Seiring perkembangannya, kini Kota Makassar juga bercita-cita menjadi poros industri MICE Indonesia. Cita-cita tersebut memang tak berlebihan dan tanpa alasan. Sebab kota yang pernah bernama Ujung Pandang ini, mempunyai fasilitas dan infrastruktur memadai.

Baca juga: Pilihan Hotel di Sekitar Candi Borobudur dengan Segala Keunikannya

Di sana terdapat banyak hotel dan ruang pertemuan berkapasitas besar. Seperti Celebes Convention Center (CCC) yang menjadi pusat konvensi di Sulawesi Selatan. Ditambah sektor ekonomi kreatif dan UMKM tumbuh subur, seperti bidang kuliner. Lalu kota ini pun dibekali destinasi wisata yang memesona, salah satunya Ramang-Ramang.

Kemudian fasilitas penunjang kegiatan MICE di Kota Makassar sudah memadai. Mulai dari bandara berskala internasional, jalan tol, venue beragam kapasitas, hingga banyaknya pusat belanja.

Makassar menuju poros MICE Indonesia dan menjadi destinasi MICE dunia, tinggal butuh strategi promosi dan pemasaran yang jitu. Apalagi berdasarkan data International Congress & Convention Association (ICCA), rata-rata wisatawan mancanegara MICE di Indonesia dalam lima malam mengeluarkan rata-rata 200 dolar AS per orang per hari, angka ini tujuh kali lipat dari wisatawan biasa.

Baca juga: Kalender Event Kota Yogyakarta 2022

Tercatat, fasilitas MICE di Makassars saat ini, meliputi 7 rute penerbangan internasional langsung, 500 restoran, lebih dari 12 ribu kamar hotel. Selanjutnya terdapat area konvensi lebih dari 5000 meter persegi, ruang eksibisi 3600 meter persegi dan ada 4 venue spesial event.*

 

Pos terkait