Wisata Baru Lombok Satnite Saribaye, Tempat Asyik Buat Nongkrong

Satnite Saribaye
Suasana Satnite Saribaye Lombok Barat. (dok. Dispar Kab. Lombok Barat)

TURISIAN.com – Lombok memang surganya untuk tujuan liburan, paket wisata cukup lengkap. Mulai dari pantai, budaya, kuliner, hingga tempat wisata kekinian yang instagrammable. Namanya Satnite Saribaye yang merupakan tempat nongkrong baru yang asyik di Lombok Barat.

Jika melihat namanya, Satnite Saribaye sudah keren kan, Sobat Turisian. Seperti ada unsur barat-barat gitu, namun jangan salah, nama Satnite ini ternyata akronim dari Pusat Pertanian Terintegrasi.

Mengutip dari laman Dispar Kabupaten Lombok Barat, nama Pusat Pertanian Terintegrasi ini, merupakan cita-cita sang pemilik, Heru. Selain nongkrong asyik, di situ Sobat Turisian bisa belajar mengenai proses pertanian, pemanfaatannya, hingga pengolahan hasil pertanian.

Heru mengakui jika kata ‘Satnite’ diartikan sebagai Sabtu Malam juga bisa pas. Semenjak diresmikan awal Desember 2021, tempat dengan bangunan didominasi bambu ini, menjadi favorit buat nongkrong masyarakat. Khususnya saat Sabtu malam atau malam Minggu.

Baca juga: Keindahan Terasering Sawah Desa Mareje Lombok, Seperti di Ubud Bali

Meski kedai ini mengusung tema alami, tapi tetap tampil kekinian. Selain tampak dari suasanannya, menu makanan yang tersaji  pun banyak ragam makanan kekinian. Menunya standar kafe yang cocok buat kantong anak milenial. Satnite Saribaye juga menyajikan sejumlah minuman dan makanan olahan lokal masyarakat Lingsar, seperti minuman serbat hingga keripik usus.

Daya Tarik Satnite Saribaye

Di sini Sobat Turisian juga bisa menemukan tanaman hias. Terutama berbagai jenis tanaman kaktus yang kebetulan sang pengelola merupakan pecinta tanaman kaktus. Tanaman ini pun menambah asri suasana kedai.

Tak hanya itu, banyak juga spot-spot berfoto yang instagenik dan menarik. Dengan latar persawahan dan pegunungan yang tentu sangat indah jika diabadikan melalui jepretan kamera. Wah Sobat Turisian bisa menambah koleksi foto media sosial nih!

Kehadiran Satnite Saribaye, menurut pengakuan Heru terinspirasi karena terpesona dengan alam persawahan dan gunung. Terlebih saat musim hujan tampak begitu hijau asri dan ketika musim kering, retakan-retakan tanah pegunungan itu bisa terlihat dengan jelas dan menakjubkan.

Kadang di waktu-waktu tertentu, Sobat Turisian bisa menyaksikan iringan burung bangau. Rombongan unggas ini melintasi langit area persawahan Desa Saribaye dan tampak jelas jika dilihat dari tempat ini.

Saat pagi, suasana di sini sudah tentu asyik. Apalagi sehabis gowes lalu mampir istirahat ke tempat tersebut. Kala sore tiba, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan sunset.

Lokasi dan Akses Satnite Saribaye

Lokasi tempat wisata Lombok ini berada di Jalan Persawahan Desa Saribaye, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, NTB. Berjarak sekitar 100 meter dari Kantor Desa Saribaye.

Baca juga: Gunung Jae, Alternatif Wisata Lombok Selain Pantai

Untuk menuju tempat ini, Sobat Turisian bisa memakai kendaraan roda dua maupun roda empat. Jalur menuju ke Satnite Saribaye juga sudah menggunakan aspal yang mulus. Perjalanan pun semakin menyenangkan karena sepanjang jalan tampak keindahan panorama alam persawahan dengan latar gunung.*

Pos terkait