5 Tempat Wisata Religi NTB, Menarik Dikunjungi Saat Ramadan

tempat wisata religi ntb
Islamic Center NTB. (dok. Pemprov NTB)

TURISIAN.com – Kegiatan wisata religi sangat menarik dilakukan saat bulan puasa Ramadan. Berbagai daerah memiliki destinasi wisata religi tersendiri. Seperti tempat wisata religi di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menarik dikunjungi Sobat Turisian.

Selain berfungsi utama sebagai tempat ibadah, Sobat Turisian juga bisa menjadikan tempat tersebut sebagai spot ngabuburit untuk menunggu buka puasa. Sehingga dapat beribadah dengan menyenangkan dan menenangkan hati.

Di bawah ini ada 5 tempat wisata religi di NTB yang menarik dikunjungi Sobat Turisian di bulan Ramadan ini.

1. Islamic Center NTB

Tempat wisata religi Ramadan di NTB yang pertama dan paling populer ada Islamic Center NTB yang bernama resmi Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center. Lokasinya berada di pusat Kota Mataram, NTB.

Bagi Sobat Turisian yang berencana wisata religi di bulan suci Ramadan, masjid ini wajib masuk daftar tujuan. Selama Ramadan, Islamic Center NTB kerap mengadakan event “Khazanah Ramadhan” sehingga ramai pengunjung.

Baca juga: Menarik Nih! Mengenal Ragam Rumah Adat NTB

Biasanya, event ini memiliki rangkaian acara mulai dari berbagi takjil bagi seluruh pengunjung masjid, bazar UMKM, Festival Takbir, berbagai macam lomba, dan masih banyak lagi. Tuh kan menarik, Sobat Turisian!

2. Masjid Kuno Bayan Beleq
tempat wisata religi NTB
Masjid Bayan Beleq NTB. (dok. Disbudpar NTB)

Nah bagi Sobat Turisian pecinta sejarah dan budaya, wajib wisata religi ke Masjid Kuno Bayan Beleq ini. Hebatnya, masjid di Lombok ini sudah berusia sekira 500 tahun lebih. Menjadi saksi bisu penyebaran Islam di Pulau Lombok, khususnya Bayan.

Lokasi tempat wisata religi Lombok tersebut, berada di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Masjid ini pun menjadi bukti bahwa Lombok bukan hanya kaya akan budaya, namun juga situs sejarah.

3. Masjid Ridwan Desa Pakuan

Tujuan wisata religi di NTB berikutnya, bisa datang ke Masjid Ridwan di Sesaot, Kecamatan Narmada. Orang-orang sekitar mengenalnya sebagai Masjid China. Sebab, memiliki konstruksi bangunan khas Tionghoa yang begitu kental.

Tampak perpaduan warna merah dan kuning keemasan menjadi ciri khasnya. Tulisan kaligrafi Alquran dan tulisan Mandarin menghiasai dinding tembok masjid ini.

4. Masjid Agung Darussalam

Masjid yang satu ini berlokasi di Jalan Bung Hatta, Kompleks Kemuter Telu Centre (KTC) Taliwang, Sumbawa Barat, NTB. Sebuah kawasan perkantoran Sumbawa Barat.

Baca juga: Gunung Jae, Alternatif Wisata Lombok Selain Pantai

Daya tarik Masjid Agung Darussalam memiliki bangunan yang sekelilingnya terdapat perbukitan eksotis. Sehingga saat datang ke sini, Sobat Turisian bisa memanjakan mata dan menenangkan jiwa.

5. Masjid Agung Nurul Huda

Wisata religi NTB yang terakhir, ada Masjid Agung Nurul Huda yang berlokasi di pusat Kota Sumbawa Besar. Berada berdampingan dengan Istana Kesultanan Sumbawa “Istana Tua Dalam Loka“.

Dulu, rumah ibadah ini merupakan Masjid Kesultanan Sumbawa. Bangunan masjid yang tampak saat ini berdiri di lingkungan istana tua tersebut merupakan hasil pemugaran. Sebab sebelumnya telah ada mesjid tua yang bernama Masjid Jami atau Mesjid Makam.*

Pos terkait