Menikmati Pantai Pasir Putih Situbondo, Apa saja sih fasilitasnya?

Pengunjung Pantai Pasir Putih Situbondo sedang menikmati keindahan matahari terbenam (sunset). Foto: iStock

TURISIAN.com – Pantai Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur memang selalu menarik untuk dikunjungi. Makanya, kawasan ini tak pernah sepi pengunjung.

Puluhan anak bersama orang tuanya sering terlihat sedang asyik mandi air laut. Bahkan, terik matahari yang menyengat, tak mereka hiraukan lagi.

Seperti yang tampak pekan lalu,  alunan musik dangdut tahun 1980-an menggema  tak mengusik keasyikan mereka bercengkerama dengan air.

Beberapa anak didampingi orang tuanya hanya berendam, beberapa yang lain asyik berenang menggunakan ban dalam mobil, dan sebagian lainnya asyik mendayung kano.

BACA JUGA: Plaza Rengganis Situbondo yang Memesona dan Sarat Nilai Historis

Sementara agak ke tengah, pengunjung tampak menikmati “olle ollang” perahu atau sampan yang mereka naiki.

Tidak hanya di air atau di atas perahu dan kano, di daratan pun, pengunjung juga tak kalah asyik. Meskipun sekadar duduk di atas tikar sambil bercengkerama menikmati suasana dan belaian angin pantai.

Beberapa orang tampak tidur-tiduran beralas tikar di atas pasir di bawah rindang pohon waru.

Semua sarana yang digunakan pengunjung objek wisata milik Pemerintah Kabupaten Situbondo, pengelolaannya perusahaan umum daerah atau perumda.

Bekerjasama dengan masyarakat sekitar, mereka menyediakan, tikar, ban dalam mobil, kano, dan perahu untuk disewakan.

BACA JUGA: Candi Tikus Trowulan, Alternatif Tujuan Wisata di Mojokerto Jawa Timur

Untuk ban dalam ukuran paling kecil disewakan Rp10 ribu untuk 1 jam, ukuran lebih besar dan paling besar antara Rp20 ribu hingga Rp30 ribu. Sementara untuk sewa tikar cukup merogoh isi saku Rp10 ribu.

Untuk sewa kano seharga Rp30 ribu, sedangkan sewa perahu untuk ke tengah laut bertarif Rp100 ribu.

Misteri Kotak Kayu

Saat naik perahu, pengunjung bisa melihat ke bawah laut karena awak kapal menyediakan fasilitas kotak kayu dengan dasar kaca.

Lewat kaca dalam kotak kayu itu pengunjung bisa melihat ikan-ikan berlalu lalang atau batu karang.

Tidak hanya mencemplung ke air untuk menikmati pantai yang terletak di Desa/Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, itu.

BACA JUGA: 5 Pantai di Selatan Jawa yang Memesona, Nomor 4 Ada Air Terjunnya!

Kalau hanya masuk ke lokasi pantai, pengunjung cukup membayar Rp10 ribu per orang tanpa dibatasi jam berkunjung.

Beberapa pengunjung sengaja datang hanya untuk menikmati udara pantai yang diyakini sangat bagus untuk kesehatan.

Ada pengunjung dari Kabupaten Bondowoso yang sengaja datang setiap pekan sekali ke pantai berombak landai itu untuk menerapi anaknya yang sakit asma.

Terapi itu dilakukan karena dianjurkan oleh dokter yang menanganinya. Karena itu si orang tua juga sengaja datang ke Pantai Pasir Putih untuk menghirup udara pantai yang segar, dengan niat untuk kesehatan.

BACA JUGA: 7 Gunung di Pulau Jawa yang Aman untuk Pendaki Pemula

Pada saat pandemi COVID-19 masih banyak pasien di Situbondo, pantai yang berada di jalur utama Pulau Jawa-Bali itu dijadikan sebagai lokasi karantina.

Lokasi Pantai Pasir Putih Situbondo memang sangat ideal untuk lokasi karantina karena jauh dari perkampungan penduduk dan memiliki pemandangan dengan udara bebas menghadap ke laut dan sinar matahari juga tertangkap dengan sempurna.

Sejumlah hotel yang biasanya digunakan menginap bagi pengunjung dimanfaatkan untuk menampung para pasien dan keluarga pasien yang positif terjangkit Virus SARS-CoV-2 itu.

Objek wisata Pasir Putih sempat ditutup total saat kasus pandemi COVID-19 sedang tinggi, yakni akhir 2021 hingga awal 2022.

Kini Wisata Bahari Pasir Putih itu dibuka kembali dan mulai marak dikunjungi masyarakat.  (bersambung/sumber Antaranews)   ***

Pos terkait