Asyiknya Petualangan Menuju Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul
Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul. (Source: Dispar Gunungkidul)

TURISIAN.com – Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki banyak potensi wisata seperti pantai dan gua. Bukan hanya itu, daerah ini juga menyimpan objek wisata air terjun yang mengalir deras tak kenal musim, yaitu Air Terjun Sri Gethuk.

Di destinasi wisata Gunungkidul ini, Sobat Turisian dapat menyaksikan derasnya air terjun dan pemandangan yang memanjakan mata. Terlebih udara di sini cukup sejuk, bikin betah dan rileks.

Terletak di tepi Sungai Oyo, Air Terjun Sri Gethuk mengalir deras dari ketinggian 50 m. Aliran airnya berasal dari 3 sumber mata air, yaitu Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul. Ketiganya membentuk air terjun yang mengalir deras. Meski di musim kemarau, debit air terjunnya tidak berkurang.

Nama air terjun ini sendiri berasal dari mitos yang beredar di masyarakat sekitar. Lokasi Air Terjun Sri Gethuk, mereka percayai sebagai tempat berkumpulnya jin, terutama Jin Anggo Meduro. Jin ini menyukai gamelan khas Jawa dan menyimpan instrument kethuk. Dari situlah nama Gethuk muncul.

Masih menurut masyarakat setempat, terkadang ada suara gamelan yang mengalun pelan dari arah air terjun. Namun jika mendekatinya, suara tersebut hilang. Mereka pun percaya bahwa itu suara gamelan dari Jin Anggo Meduro.

Hal unik yang menjadi daya tarik Air Terjun Sri Gethuk  berupa kolam alami yang terbentuk dari derasnya air terjun. Ada pula undak-undakan yang terbuat dari batuan kapur di sekelilingnya. Sobat Turisian pun bisa bermain air ataupun berenang di kolam alami ini.

Bagi Sobat Turisian yang punya nyali lebih bisa mencoba sensasi cliff jumping atau melompat dari tebing menuju Sungai Oyo. Kalian juga boleh berenang di aliran sungai tersebut, tapi hati-hati sebab kedalamannya mencapai 5 meter. Kalau tidak pandai berenang, pengelola setempat juga menyewakan ban atau pelampung.

Lokasi & Akses ke Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun ini berlokasi di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Untuk menempuhnya, Sobat Turisian memerlukan waktu 1,5 jam dengan jarak tempuh sekira 40 km dari pusat Kota Jogja. Di perjalanan, kalian akan melewati area sawah yang hijau dan juga kawasan hutan kayu putih di sekeliling.

Baca juga: Menelusuri Keindahan Gua Pindul Gunungkidul yang Miliki Aliran Sungai

Begitu tiba di kawasan wisata Air Terjun Sri Gethuk, Sobat Turisian mesti menuruni tangga untuk menuju lokasi air terjunnya. Ada 2 cara yang bisa kalian tempuh untuk menuju air terjun, yaitu dengan menaiki perahu atau berjalan kaki.

Dari dua jalur itu, lebih banyak pengunjung yang memilih menaiki perahu. Sebab selain tidak melelahkan, Sobat Turisian bisa sembari menyusuri indahnya Sungai Oyo. Perahu ini merupakan buatan masyarakat setempat, dengan memanfaatkan drum bekas dan papan. Namun jangan khawatir, perahu rakitan tersebut aman dan pengelola akan memberikan rompi pelampung.

Ketika menaiki perahu, Sobat Turisian dapat melihat pepohonan yang rindang dan indahnya tebing bebatuan karst di sekitarnya. Perjalanan menuju air terjun dapat memakan waktu 7 hingga 10 menit. Jika memilih berjalan kaki, kalian akan menempuh jarak kurang lebih 450 meter dengan waktu tempuh 10 hingga 15 menit. Saat tracking atau berjalan kaki menuju air terjun, Sobat Turisian dapat melihat area sawah yang luas dan sejuk.

Harga Tiket & Pilihan Waktu Terbaik ke Air Terjun Sri Gethuk

Sobat Turisian untuk masuk objek wisata ini mesti beli tiket masuk. Tetapi tenang, harganya masih terjangkau, hanya sekitar Rp15,000 per orang. Itu pun sudah termasuk dengan tiket masuk Goa Rancang Kencana juga.

Sementara untuk biaya perahu sebesar Rp10.000 per orang untuk perjalanan pulang pergi. Lalu untuk penyewaan ban atau pelampung berkisar Rp5.000 hingga Rp10.000. Fasilitas yang tersedia di sini pun cukup lengkap, ada area parkir, musala, toilet, dan dan tempat makan.

Nah jika Sobat Turisian tertarik ke Air Terjun Sri Gethuk, ada pilihan waktu paling pas berkunjung. Yaitu saat pagi hingga siang hari. Hindari berkunjung saat akhir pekan, karena tempat wisata ini pasti ramai. Sehingga Sobat Turisian akan menjadi kurang nyaman.

Baca juga: Kedung Jati Gunungkidul Tawarkan Aktivitas Susur Sungai yang Seru

Pakailah busana dan sepatu yang nyaman saat berkunjung ke sini. Oh iya, jangan lupa abadikan momen-momen indah saat mengunjungi air terjun dari terbing bebatuan karst ini. Keindahan Air Terjun Sri Gethuk berada di kawasan yang kering dan gersang Gunungkidul ini rasanya pantas dibandingkan dengan wisata-wisata di luar negeri.*

 

Pos terkait