Telaga Kasiono Oe Muna Barat yang Tenang dan Asri Cocok Buat Healing Kalian!

Telaga Kasiono Oe
Telaga Kasiono Oe Muna Barat Sultra. (Source: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Objek wisata alam di Sulawesi Tenggara memang tak ada habisnya, jumlahnya cukup banyak dan tersebar di kota kabupatennya. Masing-masing memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Seperti destinasi wisata Telaga Kasiono Oe di Kabupaten Muna Barat yang unik dan cantik.

Lokasi telaga ini berada di Desa Lapadaku, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra). Nama Kasiono Oe sendiri berasal dari Bahasa Muna yang berarti air yang surut. Hal ini sesuai dengan aktivitas proses terbentuknya telaga ini.

Di Telaga Kasiono Oe, Sobat Turisian akan melihat banyak pohon longkida (Nauclea orientalis) tumbuh di sekitar telaga. Pohon ini merupakan jenis yang termasuk ke dalam family Rubiaceae atau suku kopi-kopian.

Pesona keindahannya pun semakin bertambah dengan adanya hamparan rumput gajah yang tumbuh subur hingga menyajikan warna hijau yang indah. Tak heran jika spot ini banyak para fotografer mengincarnya sebagai objek foto yang eksotis.

Sobat Turisian bakal makin betah saja dengan suasananya yang tenang dan asri. Bahkan kalian akan melihat kelompok burung-burung rawa yang datang mencari ikan. Tak ketinggalan juga gerombolan sapi dan kuda yang selalu memadati tepi telaga.

Daya Tarik Lain Telaga Kasiono Oe

Aktivitas satwa tersebut pun menambah eksotis panorama alam objek wisata Muna Barat ini. Melimpahnya sumber makanan di kawasan telaga, membuat masyarakat melepaskan begitu saja hewan ternak mereka, seperti sapi dan kuda.

Baca juga: Menyusuri Gua Liangkobori di Muna yang Miliki Ratusan Lukisan Purba

Begitu musim hujan, air di telaga ini meluap sampai ke kawasan pedesaan. Ada dua desa di sana, antara lain Desa Watumela dan Desa Latugho. Jika di musim panas, air akan surut dan hanya menyisakan air di telaga. Inilah keunikna telaga tersebut yang menajdi daya tariknya.

Telaga Kasiono Oe mempunyai tiga sumber mata air. Di antaranya mata air Soni, mata air Kasiono Oe, dan mata air Liano Ghule. Masing-masing sumber mata air tersebut terletak saling berjauhan.

Setiap harinya, masyarakat setempat memancing ikan di telaga sembari menggembala hewan ternaknya. Tak sedikit pula warga sekitar yang datang dengan tujuan hanya untuk memancing. Beberapa ikan air tawar seperti mujair dan ikan gabus bisa Sobat Turisian coba pancing dan ukurannya pun lumayan besar.

Eksotisme Telaga Kasiono Oe Muna Barat ini sangat cocok untuk tempat Sobat Turisian menghabiskan waktu saat sore hari atau sekedar menikmati sunset. Pas juga buat kalian yang ingin healing melepas kepenatan.

Destinasi wisata ini juga sering menjadi venue pemotretan prewedding dengan tema alam oleh para fotografer. Menariknya lagi, segala pesona keindahan telaga ini bisa Sobat Turisian nikmati secara gratis.

Rute Menuju Telaga Kasiono Oe

Akses untuk menuju destinasi Telaga Kasiono Oe, Sobat Turisian bisa menempuhnya dari Bandara Sugi Manuru yang merupakan pintu masuk Kabupaten Muna Barat. Berjarak kurang lebih 22 km dengan durasi perjalanan selama 35 menit berkendara.

Baca juga: Danau Napabale Kabupaten Muna yang Memesona dan Berair Asin

Sedangkan dari Kota Raha, ibu kota Kabupaten Muna bisa kalian tempuh sekitar 40 menit. Dengan jarak kurang lebih sejauh 25 kilometer.*

Pos terkait