Danau Napabale Kabupaten Muna yang Memesona dan Berair Asin

Danau Napabale
Danau Napabale di Kabupaten Muna. (Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Berburu objek wisata alam yang memesona dan masih alami, datanglah ke Sulawesi Tenggara (Sultra). Hampir setiap kota/kabupatennya menyimpan daya tarik wisata yang bisa bikin Sobat Turisian terpukau dengan keindahannya. Seperti Danau Napabale di Kabupaten Muna.

Danau Napabale merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup unik dan berbeda. Soalnya, danau ini tidak sama seperti wisata air pada umumnya. Karena memiliki air danau yang asin, layaknya air laut.

Airnya yang asin tersebut, sebab letak danau ini bersebelahan dengan air laut yang terhubung dengan terowongan alam sepanjang 30 meter. Di saat kondisi air laut surut, maka terowongan ini akan terlihat dan bisa Sobat Turisian lewati. Namun, jika air laut pasang, maka terowongan ini akan tertutup.

Sumber air Danau Napabale berasal dari Selat Buton. Letaknya berada di bawah kaki bukit serta dikelilingi bongkahan-bongkahan batu karang. Tambah pepohonan hijau yang membuatnya semakin asri lokasi ini.

Daya Tarik Danau Napabale Muna

Destinasi wisata Muna ini cukup favorit bagi masyarakat lokal dan wisatawan mancanegara. Napabale adalah gabungan dari dua suku kata yang berasal dari bahasa lokal (bahasa Muna) yakni Napa dan Bale.

Baca juga: Museum Bharugano Wuna, Wisata Edukasi Menarik di Pulau Muna Sulawesi Tenggara

Kata Napa berarti pelabuhan, sedangkan Bale adalah nama daun pandan muda. Dalam sepanjang sejarah, danau ini tidak pernah kering meskipun air laut dalam kondisi surut sekalipun.

Daya tarik wisata danau ini, tidak hanya terletak pada danaunya saja. Namun juga tampak bentangan pasir putih yang sangat indah. Keberadaan pasir putih itu di area luar danau atau tepatnya di daerah pesisir Muna.

Lebih seru lagi, kalau Sobat Turisian dapat menikmati pemandangan alam dengan bersampan sambil mengelilingi danau atau berenang di pinggir danau. Selain itu, Sobat Turisian juga dapat melakukan aktivitas snorkeling dengan berjalan menyusuri terowongan yang menghubungkan danau dengan pantai.

Lokasi & Rute Danau Napabale

Lokasi objek wisata alam ini berada di kaki perbukitan. Tepatnya di Kampung Lohia, Muna, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju kawasan ini tidaklah sulit.

Apabila dari kota Raha, Sobat Turisian dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Wisata danau ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Raha dengan jarak sekitar 15 km.

Baca juga: Museum Bharugano Wuna, Wisata Edukasi Menarik di Pulau Muna Sulawesi Tenggara

Di samping Danau Napabale Kabupaten Muna, ada wisata lain yang letaknya tidak terlalu jauh. Destinasi wisata tersebut, di antaranya Gua Layang-Layang, Puncak Napabale, dan berbagai gugusan bukit yang sangat menarik.*

Pos terkait