Jelajahi Tiga Air Terjun Memesona di Rejang Lebong Bengkulu

Air Terjun Bengkulu
Air Terjun Kepala Curup, Rejang Lebong Bengkulu. (Source: Dispar Bengkulu)

TURISIAN.com – Objek wisata air terjun di Bengkulu cukup banyak yang memesona dan menarik buat tujuan liburan Sobat Turisian. Daya tarik alam ini tersebar di setiap daerahnya, terutama di Kabupaten Rejang Lebong.

Air terjun di Bengkulu ini memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri yang menarik untuk menikmatinya secara langsung di lokasi. Berikut ini ada rekomendasi tiga objek wisata air terjun yang berada di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu yang wajib Sobat Turisian kunjungi saat liburan nanti.

1. Air Terjun Kepala Curup

Objek wisata air terjun Bengkulu yang pertama ini, yaitu Air Terjun Kepala Curup, dengan ketinggian kurang lebih 100 meter. Uniknya lagi di belakang air terjun ini terdapat sebuah gua. Letaknya berada di Kabupaten Rejang Lebong.

Selain sebagai tempat wisata, Air Terjun Kepala Curup ini digunakan untuk pembangkit listrik mini hidro. Hasilnya, dapat mensuplai kebutuhan listrik Kecamatan Padang Ulak Tanding, Sindang Kelingi, dan Kota Padang.

Baca juga: Tiga Objek Wisata Bengkulu yang Menarik Buat Dinikmati Saat Liburan

Namun sayangnya pembangkit ini tidak lagi berfungsi karena kerusakan generatornya beberapa tahun yang lalu. Meski begitu, pesona air terjun ini tak ikut padam, masih memukau siapa pun yang melihatnya.

2. Air Terjun Batu Betiang
air terjun bengkulu
Air terjun Batu Betiang, Rejang Lebong. (Source: Dispar Bengkulu)

Berikutnya, ada Air Terjun Batu Betiang yang terletak di Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya, rejang Lebong, Bengkulu. Dengan akses jalan setapak yang sekelilingnya perebukitan atau sekitar 2 jam jika menempuhnya dengan berjalan kaki dari Desa Babakan Baru.

Masyarakat sekitar sering menyebut air terjun setinggi kurang lebih 20 meter ini dengan sebutan Telun. Destinasi wisata air terjun Bengkulu ini menyajikan panorama indah dengan suasana yang sangat alami dan berhawa sejuk.

Keunikan dari Air Terjun Batu Betiang, yaitu adanya batu-batu persegi empat memanjang yang berdiri kokoh di sekitar air terjun. Jika Sobat Turisian perhatikian, bentuknya menyerupai tiang-tiang batu yang tersusun rapi.

Baca juga: Yuk Liburan Dulu ke Pantai Panjang Bengkulu!

Deretan batu itulah yang melahirkan sebutan Air Terjun Batu Betiang. Lokasi air terjun ini memiliki luas mencapai kurang lebih 1 hektare dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat.

3. Air Terjun Tri Muara Karang
air terjun bengkulu
Air Terjun Tri Muara Karang. (Source: Dispar Bengkulu)

Destinasi wisata air terjun Rejang Lebong ini, berada 3 kilometer di belakang Desa Blitar Sebrang. Objek alam ini memiliki empat buah air terjun dengan ketinggian 40 meter hingga 86 meter.

Selain air terjun, di kawasan wisata Bengkulu ini juga terdapat objek wisata lainnya. Di antaranya Lubuk Pemandian Air Panas, Pemandian Dewa, gua sarang walet, dan gua kelelawar.

Baca juga: Mengenal Candi Muara Takus, Tertua di Tanah Sumatera

Akses menuju ke lokasi ini sebagian sudah berupa jalan beton. Luas areal objek wisata ini kurang lebih 2 hektare. Tempat ini pun belum memiliki sarana dan prasarana pendukung serta masih sangat alami.*

Pos terkait