Tiga Destinasi Wisata Populer di Karawang yang Menyajikan Keindahan Alam

destinasi wisata karawang
Bukit Sempur, Karawang.

TURISIAN.com – Di luar kawasan industrinya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat ternyata menyimpan sejumlah destinasi wisata alam yang memesona dan wajib Sobat Turisian kunjungi. Destinasi wisata di Karawang cukup beragam, dari mulai objek air terjun, laut, hingga perbukitan ada di kabupaten ini.

Berikut ini ada tiga destinasi wisata Karawang yang populer karena menyajikan keindahan alam dan aktivitas wisata yang seru. Sobat Turisian wajib mampir ke destinasi ini saat liburan nanti!

1. Bukit Sempur di Tegalwaru Karawang

Objek wisata Karawang yang pertama yakni Bukit Sempur. Salah satu tempat wisata yang berada di Cintalaksana, Desa Tegalwaru, Karawang, menyajikan alam indah dan bisa Sobat Turisian rileks lepas dari kepenatan.

Di puncak bukit ini, Sobat Turisian bisa nongkrong asyik sambil ngopi dan menikmati pemandangan yang sekitar yang memukau. Tempat wisata Karawang ini buka 24 jam, jadi Sobat Turisian bisa puas menikmati pesona keindahannya sepanjang hari. Lebih asyik lagi, merasakan sensasi malam di Bukit Sempur dengan berkemah di camping ground yang tersedia.

2. Grand Canyon Mini Karawang

destinasi wisata karawang

Selanjutnya ada Grand Canyon Mini Karawang yang merupakan salah satu destinasi wisata populer di Karawang. Dulunya, kawasan wisata ini terkenal dengan nama Curug Ciomas yang menjadi magnet utama objek wisata tersebut.

Baca juga: Destinasi Unik Di Karawang Ini Keren, Limbah Jadi Taman

Grand Canyon Mini berada di kaki Gunung Sanggabuana, perbatasan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bogor. Tepatnya di Kampung Ciomas, Desa Medal Sari Kecamatan Pangkalan, Karawang dan Desa Cikutamahi Kabupaten Bogor.

Luas Grand Canyon Ciomas, lebarnya sekitar 3 meter dan kedalaman airnya sekitar 5 meter. Diapit bebatuan di sisinya yang berkelok-kelok. Sehingga untuk menikmati keindahan curug, Sobat Turisian harus berenang. Tak usah khawatir, pihak pengelola sudah menyiapkan perlengkapan keamanan, seperti rompi pelampung.

Jarak dari pusat kota Karawang, sekitar 40 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Akses dari Bandung, akan lebih dekat jika melalui Kabupaten Cianjur, tepatnya menuju kawasan Cariu atau Jonggol.

3. Pantai Tanjung Baru Karawang

destinasi wisata karawang

Selain pegunungan dan air terjun, Karawang juga punya destinasi wisata pantai yang tak boleh Sobat Turisian lewatkan. Salah satunya Pantai Tanjung Baru yang namanya sudah cukup populer. Lokasinya di teluk semenanjung antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang.

Masuk wilayah Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang. Pantai ini kabarnya berasal dari pembabatan hutan baku yang berada di sepanjang pantai. Warga Karawang banyak menjadikan Pantai Tanjung Baru ini sebagai tempat hiburan melepas lelah di akhir pekan.

Baca juga: Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Sajikan Air Mancur Menari yang Memukau

Pantai Tanjung Baru memiliki panorama yang terbilang cukup eksotik dengan hamparan pasir di sepanjang bibir pantai. Karena cukup landai, tempat wisata pantai di Karawang ini terbilang aman untuk berenang.*

 

 

Sumber & Foto: Disparbud Karawang

Pos terkait