Berlibur di Yogyakarta, Jangan Lupa Mampir ke Embung Nglanggeran di Kaki Gunung Api Purba

Embung nglanggeran
Embung Nglanggeran yang memukau dengan air berwarna hiijau. (Foto: Iwan)

TURISIAN.com – Saat Sobat Turisian berlibur Lebaran tahun ini ke Yogyakarta, tak ada salahnya mampir ke Embung Nglanggeran. Tempat wisata ini menyajikan danau buatan yang menakjubkan dan panorama alam Yogyakarta dari atas ketinggian. Lokasinya berada di Dusun Nglanggeran Wetan, Gunungkidul, tepat di bawah kaki Gunung Purba Nglanggeran.

Kata ‘embung’ sendiri, berasal dari bahasa Jawa yang artinya telaga atau danau buatan. Fungsi utama embung ini, sebagai sumber air perkebunan buah di sekitarnya. Milik masyarakat dan pusat pengembangan teknologi pertanian Universitas Gajah Mada (UGM).

Semula kawasan tersebut hanya sebuah bukit, kemudian diubah fungsi menjadi embung yang berada di puncak bukit. Tempat ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 19 Februari 2013 dan terbuka untuk umum sebagai destinasi wisata Gunungkidul.

Baca juga: Berburu Spot Selfie yang Instagrammable di Wisata Kalibiru Yogyakarta

Agar bisa menikmati keindahan embung, Sobat Turisian harus berjalan kaki dari area parkir dengan menaiki puluhan anak tangga. Namun kelelahan berjalan kaki akan terbayar dengan keindahan lanskap panorama alam nan hijau dengan latar tebing gunung purba Nglanggeran.

Daya Tarik Embung Nglanggeran Yogyakarta

Setibanya di puncak, Sobat Turisian bisa memanjakan diri duduk menikmati susana asri nan sejuk. Tak lupa untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto di beberapa spot ciamik yang intagrammable. Seperti spot dermaga di atas pohon, latar danau berair hijau, atau swafoto berlatar tebing gunung purba.

Jika Sobat Turisian berkunjung ke destinasi wisata embung yang buka 24 jam ini, perlu memperhatikan soal pilihan waktu dan cuaca. Jangan lupa juga untuk mengenakan jaket karena cuaca cukup dingin dan kadang berkabut. Serta memakai sepatu yang cocok untuk kegiatan di alam terbuka.

Bagi Sobat Turisian pecinta fotografi dan swafoto, sebaiknya memilih waktu di kala cuaca cerah agar tak terganggu dengan datangnya hujan. Lebih indah lagi saat momen sunset tiba, kita bisa mendapat gambar dengan warna langit yang eksotis.

Baca juga: Pantai Ngandong Gunungkidul yang Memesona dan Menenangkan Pikiran

Beres dengan aktivitas relaksasi sejuknya alam pegunungan dan berfoto ria, pengunjung juga bisa menikmati secangkir kopi di kedai yang ada di tempat wisata embung tersebut. Atau membawa buah-buahan hasil perkebunan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.*

 

 

Pos terkait