Semarak Hari Raya Idul Fitri di Objek Wisata Palembang, Seperti Apa?

Semarak Hari Raya Idul Fitri
Ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan, Jembatan Ampera yang membelah Sungai Musi. (iStock)

TURISIAN.com  – Semarak Hari Raya Idul Fitri hampir merata di seluruh daerah di Indonesia. Sudah menjadi tradisi, jalan-jalan ke tempat wisata bagian yang terpisahkan dari momentum penting ini.

Tak terkecuali, di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Beberapa objek wisata,  didominasi oleh para pemudik yang berasal dari berbagai daerah.

Pada H+1 perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah  atau Lebaran 2022, objek wisata pun di serbu warga.

Berdasarkan pantauan Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang, Selasa 3 Mei 2022, para pemudik tersebut mengaku memilih mengunjungi objek wisata alam.

Mereka ingin  berekreasi melepaskan penat bersama sanak saudara mereka selama Lebaran di Kota Palembang.

BACA JUGA: Menemukan Ragam Kuliner di Kota Palembang, Namanya Lapis Kojo

“Kemarin sungkeman-nya kan sudah, sekarang saya sengaja ke sini mengajak ibu dan adik-adik untuk liburan melepas penat, karena besok kami sudah pulang lagi ke Surabaya, Jawa Timur,” kata Salendra (32), salah satu pemudik.

Menurut pegawai perbankan swasta Jawa Timur itu, mereka mendapatkan suasana yang lebih akrab dengan mengunjungi objek wisata alam ketimbang mall.

Ataupun tempat-tempat hiburan lainnya karena sudah lumrah di daerah asalnya.

Yulistina (55), seorang pemudik dari Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, menambahkan asrinya suasana dan banyaknya fasilitas permainan anak menjadi daya tarik bagi mereka untuk mengunjungi objek wisata alam tertua di Palembang itu.

“Momen lebarannya lebih khas di sini, karena kami juga bisa makan bareng membawa lauk masakan Lebaran di rumah seperti ketupat, opor ayam, rendang di bawah rindangnya pohon pinus,” kata dia.

BACA JUGA: Pempek Hitam Mak Neng, Kuliner Unik Kekinian di Belitung

Baru Beroperasi Kembali Setelah Pandemi

Sementara itu Manager Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang, Raden Azka, mengatakan, Lebaran tahun ini merupakan operasional mereka pertama selama masa pandemi COVID-19.

Lantaran saat itu belum ada rekomendasi dari pemerintah kota setempat untuk warga melakukan kunjungan wisata.

Pengelola Taman Wisata Alam Punti Kayu mencatat total jumlah pengunjung sudah mencapai sekitar lebih dari 350 orang selama dua hari terakhir.

BACA JUGA: Siap-siap Terpesona dengan Lima Keindahan Pasar Terapung di Indonesia

“Berdasarkan hitungan tiket untuk hari ini ada lebih dari 300 orang lalu sebelumnya pada hari Lebaran kemarin Senin (2/5) ada 150-200 orang, memang kebanyakan wisatawannya kalangan pemudik luar daerah,” kata dia.

Dari lima wahana wisata yang ada, kata dia, Kampung Indian, Replika Landmark, dan Danau Rekreasi adalah yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena ada sarana berswafoto dan bermain anak-anak.

“Di akhir pekan tiketnya Rp30 ribu, kalau hari biasa Rp25 ribu, sudah termasuk untuk semua wahana. Ya karena libur Lebaran masih sekitar sepekan lagi mudah-mudahan pengunjung bisa lebih ramai,” tandasnya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait