Bukit Matantimali Sigi Suguhkan Alam yang Memukau dan Spot Paralayang Terbaik

Bukit Matantimali
Bukit Matantimali di Kabupaten Sigi, Sulteng. (Source: Dispar Sulawesi Tengah)

TURISIAN.com – Objek wisata alam Bukit Matantimali di Sigi menyajikan pesona alam yang menakjubkan. Selain itu juga disebut-sebut sebagai spot paralayang terbaik di Asia, bahkan dunia.

Bukit Matantimali ini berada di wilayah Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Sigi, Sulteng. Berjarak sekitar 30 km dari Kota Palu. Tempat ini menawarkan panorama alam yang mempesona dan patut untuk Sobat Turisian kunjungi.

Lokasinya terletak di ketinggian 800 mdpl, sehingga menjadikan Bukit Matantimali berhawa sejuk. Serta menjadi spot andalan bagi para penggemar olahraga paralayang untuk menikmati panorama alam sekitarnya.

Kerennya lagi, spot paralayang di Sigi ini namanya sudah tenar di dunia olahraga ekstrem tersebut, bahkan hingga ke mancanegara. Pasalnya Bukit Matantimasli kerap menjadi lokasi perhelatan event olahraga paralayang berskala Nasional dan Internasional. Selain itu juga, faktor kecepatan angin di sini cenderung stabil sepanjang tahun.

Kalau Sobat Turisian tertarik mencoba sensasi paralayang di Bukit Matantimali, perlu merogoh kocek sebesar Rp.500.000 sampai dengan Rp.700.000. Berdurasi selama 10-15 menit di udara. Pemandangan alam pun akan tampak membentang sempurna saat Sobat Turisian ‘melayang’ dari atas bukit ini.

Daya Tarik Bukit Matantimali Sulteng

Selain menjadi spot paralayang, pemandangan ‘Lima Dimensi’ (Gunung, Sungai, Teluk, Lembah dan Pemandangan Kota Palu) dari bukit ini menjadi daya tarik utamanya. Keindahan alam di bukit ini pun menjadi latar swafoto yang cantik dan instagramable bagi mereka yang aktif di sosial media.

Baca juga: Danau Tambing Poso, Spot Camping dan Birding yang Menarik

Kala libur akhir pekan atau libur nasional, banyak pengunjung berdatangan ke bukit ini untuk berkemah. Mereka datang untuk menikmati indahnya panorama lima dimensi dan menanti keindahan sunrise dan sunset yang eksotik di Bukit Matantimali Sigi.

Destinasi wisata Sulteng ini pun menjadi lokasi favorit untuk menikmati indahnya kembang api di perayaan tahun baru. Di sini menyajikan pemandangan spektakuler kembang api tahun baru dari kota Palu yang akan menemani malam Sobat Turisian di detik-detik pergantian tahun.

Bagi Sobat Turisian yang berencana mengunjungi tempat ini, pastikan untuk tetap menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Waktu terbaik untuk datang ke bukit ini yaitu saat pagi hari khususnya menjelang momen sunrise. Lalu ketika menjelang sore dan di malam hari.

Harga Tiket & Akses ke Bukit Matantimali

Untuk masuk ke area Bukit Matantimali, Sobat Turisian harus membayar tarif masuk sebesar Rp. 10.000/orang, plus parkir sekitar Rp.2.000 – Rp.3.000. Jika berminat camping, di sana juga tersedia penyewaan perlengkapan camping. Sewa tenda seharga Rp.50.000/tenda, matras Rp. 5.000, listrik untuk cas handphone Rp. 5.000, dan penggunaan kamar mandi sebesar Rp. 5.000/seember air.

Perjalanan menuju Bukit Matantimali Sigi, Sobat Turisian akan banyak melihat area persawahan, aliran sungai, dan hijaunya hutan pegunungan. Kemudian akan melewati kebun pohon coklat dan kelor pembudidayaan masyarakat setempat.

Baca juga: Liburan ke Kepulauan Togean, Alam Indah dan Aktivitas Wisatanya Seru!

Akses ke lokasi objek wisata ini, Sobat Turisian akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit hingga  1 jam. Dapat menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.*

 

Pos terkait