Wow, Indonesia Tempati Posisi 3 Teratas Sebagai Negara Terbaik Bagi Ekspatriat

Negara terbaik bagi ekspatriat
Borobudur merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi kaum ekspatriat dari mancanegara.( Pixabay.com/ @agus santoso)

TURISIAN.com – Negara terbaik bagi ekspatriat mampir ke tanah air. Indonesia berhasil menempati posisi tiga teratas sebagai negara terbaik bagi kaum ekspatriat.

Data tersebut hasil survei Expat Insider 2022 oleh Internations, yakni sebuah jaringan ekspatriat global terbesar  dunia. Dimana anggotanya kini telah berjumlah 4,5 orang yang tersebar ke 420 kota seluruh dunia.

Ekspatriat sendiri merupakan orang yang tinggal untuk sementara waktu atau menetap dari  luar negara asalnya.

Seperti dikutip Turisian.com dari laman resmi Internations.org pada Minggu, 17 Juli 2022. Lembaga tersebut berdomisili pada bagian Munich, Jerman.

BACA JUGA: Intip Kemeriahan Indonesia Bazaar di Osaka Jepang, Ini Produk Paling Digemari

Kelebihan Indonesia di Mata Ekspatriat

Indonesia dinilai memiliki kinerja yang baik terutama untuk indeks di dalam kemudahan untuk menyelesaikan serta keuangan pribadi.

Hampir dua dari tiga orang ekspatriat mengatakan bahwa pendapatan rumah tangga mereka telah lebih dari cukup untuk menjalani kehidupan yang nyaman ke Indonesia.

Kelebihan lainnya ada dalam sektor kategori bahasa dan perumahan. Mereka menganggap bahwa perumahan Indonesia sangat mudah dan terjangkau.

BACA JUGA: Gaya Plesiran Wisatawan Indonesia, Ini 3 Negara Jadi Tujuan Favorit

Meksiko di Urutan Pertama

Tahun ini, Meksiko berhasil menduduki peringkat pertama sebagai negara terbaik bagi para ekspatriat.

Meksiko berhasil menempati posisi teratas tahun ini dalam sub kategori keramahan warga lokal. Kemudahan dalam menemukan teman serta budaya dan sambutan yang ramah.

“Faktanya, negara ini berhasil menempati urutan pertama  dalam sub kategori keramahan warga lokal. Kemudahan menemukan teman, serta budaya,” tulis Internations laman resminya.

Para ekspatriat menggambarkan penduduk lokal  negeri Samba ini memiliki tingkat keramahan sebanyak 90 persen. Atau 66 persen perbandingannya secara global untuk kategori yang sama.

BACA JUGA: Tingkat Konsumsi Ngopi Orang Indonesia Meningkat, Begini Lika-liku Usaha Kopi

Kemudian merasa mudah untuk menjalin pertemanan antara mereka sebanyak 75 persen, berbanding 42 persen secara global.

Negara ini telah berhasil menggeser posisi Taiwan yang sempat menyandang gelar sebagai negara terbaik untuk ekspatriat pada  tahun lalu berdasarkan Expat Insider 2021.

Dalam hal bekerja luar negeri, Meksiko memiliki ragam keunikan seperti variasi kuliner dan pilihan untuk bersantap serta lingkungan alamnya.

Namun kebanyakan tidak senang dengan kualitas udara lokal. Kendati demikian, ekspatriat senang dengan kehidupan mereka di Meksiko.

BACA JUGA: Sandiaga Ajak Pemuda Pro-Aktif dalam Presidensi G20 Indonesia

Taiwan Posisi Ketiga

Sementara itu, para responden menganggap bahwa perawatan kesehatan yang ada ke Taiwan sangat terjangkau dan tersedia secara luas. Inilah sebabnya mereka bisa merasa aman untuk bekerja dan menetap ke  sana.

Taiwan juga rupanya berada antara 10 besar indeks kemudahan penyelesaian dan keuangan pribadi. Sebanyak 70 persen ekspatriat merasa puas dengan situasi keuangan mereka saat ini.

Kemudian, sebanyak 85 persen responden juga merasa mendapat bayaran  dengan adil jika menyangkut dengan pekerjaan mereka.

Taiwan masih memiliki kinerja yang rata-ratanya lebih tinggi dalam indeks bekerja ke luar negeri.

Tampaknya, para ekspatriat sangat menghargai kemudahan menetap serta keuangan mereka.

Hampir menyusul Taiwan, ada Portugal pada posisi keempat menyusul kemudian  Spanyol, UEA, Vietnam, Thailand, Australia dan Singapura dke urutan ke 10.

BACA JUGA: 6 Destinasi Touring Sepeda Motor di Indonesia yang Seru dan Memacu Adrenalin

Destinasi Ekspatriat Terbawah

Ada beberapa kriteria yang membuat ekspatriat menilai sebuah negara masuk di dalam kategori ini.

Antara lain, perlunya perjuangan ekstra untuk menemukan teman, kualitas hidup dan kemudahan untuk menetap.

Misalnya saja tidak senang dengan lingkungan alam sekitar, penduduk lokal yang kurang ramah, peluang karir yang kurang bagus dan keseimbangan kehidupan kerja mereka.

Hingga berujung pengaruhnya terhadap kehidupan sosial mereka secara negatif.

“Para peringkat negara terbaik (bagi ekspatriat) 2022, mereka sangat menghargai kemudahan dalam menetap dan keuangan mereka,” tulis Internations kemudian.

Survey tersebut, tercatat ada sebanyak 11.970 ekspatriat yang menjadi responden. Mereka mewakili 117 bangsa, serta tersebar ke 181 negara.

Sebelumnya mengemuka kabar bahwa, survei ini berlangsung pada awal hingga akhir Februari 2022. ***

Pos terkait