Kota Batam Targetkan Kunjungan Wisatawan 1,5 Juta di Tahun 2023

Kota Batam
Pelabuhan Sekupang adalah pelabuhan nasional dan internasional yang berada di pantai barat pulau Batam. Menghubungkan kota Batam dengan pelabuhan-pelabuhan di kepulauan sebelah barat, seperti pelabuhan Tanjung Balai Karimun. (Instagram/@kepulauanriau_id)

TURISIAN.com РKepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata menyakini  bahwa target kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2023 dapat tercapai.

Khususnya pada momen liburan Natal hingga Tahun Baru 2024, dimana banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu ini untuk liburan.

Menurut Ardiwinata, pihaknya telah menetapkan target sekitar 1,5 juta kunjungan wisatawan pada tahun 2023.

Sementara itu, dalam data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Terutama, dari Januari hingga Oktober 2023, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam telah mencapai angka mengesankan sebanyak 1.211.303 kunjungan.

BACA JUGA: Rekor Teh Tarik Terpecahkan di Kawasan Habourbay Kota Batam

“Capaian kunjungan wisatawan kita Alhamdulillah terus meningkat dibanding tahun kemarin. Memang belum sampai seperti di tahun 2019, sebelum pandemi itu hampir 2 juta. Tetapi jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” kata Ardi dengan penuh optimisme.

Ia menambahkan bahwa libur Natal dan Tahun Baru merupakan salah satu momen paling dinanti, terutama oleh pelancong dari Singapura dan Malaysia yang sering mengunjungi Batam.

“Artinya kemungkinan sampai dengan Desember nanti target tercapai. Insya Allah kita optimis karena di Desember biasanya peak season, jadi kunjungan yang tinggi itu di Desember,” ujar Ardi.

BACA JUGA: Proyek Bandara Internasional Batam Senilai 2,18 Triliun di Mulai

Sebelumnya, Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, telah meningkatkan penerapan Konsep 3A (aksesibilitas, amenitas, dan atraksi) untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara.

“Aksesibilitas terus dibenahi, salah satunya pembangunan infrastruktur. Mulai dari bandara hingga pelebaran jalan. Kemudian amenitas, semakin banyak mall yang buka, destinasi wisata baru seperti taman rusa dan lainnya,” kata Ardiwinata.

“Dan yang terakhir atraksi, yaitu atraksi budaya. Kalau atraksi alam, di Batam agak kurang, ya,” sambungnya, merinci upaya pemerintah setempat dalam mengembangkan potensi pariwisata Kota Batam. ***

Pos terkait