Penumpang Kereta Cepat Whoosh Tembus di Angka 718 Ribu Orang

Penumpang Kereta Cepat Whoosh
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau fasilitas di salah satu stasiun kereta api cepat Whoosh. (Foto: Dok.Kemenhub)

TURISIAN.com – Sejak beroperasi pada Oktober 2023, jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh telah mencapai 718.507 orang hingga 8 Desember 2023.

Dalam perinciannya, tak kurang dari 14.399 penumpang merasakan kemewahan di kelas pertama. Menyusul, 25.709 penumpang menikmati kelas bisnis.

Dan mayoritas, sebanyak 678.399 penumpang, memilih kelas ekonomi premium. Fenomena ini bukan hanya sekadar angka. Melainkan sebuah cerminan antusiasme masyarakat terhadap moda transportasi revolusioner ini.

BACA JUGA: PT PLN Sampaikan Permohonan Maaf Kereta Cepat Whoosh Terhenti

Hal itu disampaikan Eva Chairunisa, General Manager Corporate Secretary KCIC, dalam keterangan persnya di Jakarta pada hari Minggu, 10 Desember 2023.

Ia mengatakan bahwa kenyamanan, keamanan, dan efisiensi perjalanan adalah yang paling dicari oleh penumpang.

“Oleh karena itu, fasilitas yang telah kami rancang memang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan. Baik di stasiun Kereta Cepat Whoosh di Halim, Padalarang, dan Tegalluar,”  ucap Eva.

Ruang tunggu yang luas dan nyaman, loket pelayanan, vending machine, hingga fasilitas eksklusif di ruang VIP menjadi bagian dari pengalaman penumpang.

Lebih dari 50 tenant, termasuk lebih dari 40 UMKM, hadir di stasiun untuk memanjakan penumpang yang menunggu jadwal perjalanan atau moda transportasi selanjutnya.

BACA JUGA: Jadi Favorit Para Pelancong, Ini 4 Destinasi Dekat Kereta Cepat Whossh

Fasilitas keamanan

Sementara itu, fasilitas keamanan juga diberikan perhatian serius, dengan CCTV tersebar di berbagai titik stasiun.

Pemeriksaan barang menggunakan XRay sebelum memasuki ruang tunggu, dan kehadiran petugas keamanan yang siaga menjaga ketertiban.

Tidak hanya itu, KCIC menonjolkan integrasi antarmoda di setiap stasiun. Di Stasiun Halim, penumpang dapat dengan mudah beralih ke LRT Jabodebek, KA Feeder di Stasiun Padalarang, serta layanan taksi Bluebird dan daring di beberapa stasiun.

BACA JUGA: Kereta Cepat Whoosh Tambah Jadwal Keberangkatan Jadi 25 Perjalanan

Kendaraan pribadi juga tidak ditinggalkan begitu saja. Stasiun Halim dan Tegalluar kini menyediakan penyelenggaraan parkir yang aman dan nyaman. Khususnya,  bagi para penumpang yang membawa kendaraan pribadi.

Eva menekankan bahwa kolaborasi dengan berbagai pihak menjadi kunci kesuksesan.

“Kami telah membuka kerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan lebih banyak pilihan moda transportasi lanjutan, sehingga Whoosh semakin mudah dijangkau oleh masyarakat,” ujarnya.

Dengan Kecepatan dan Kenyamanan, Kereta Cepat Whoosh menjelma menjadi simbol mobilitas modern di Indonesia, membuka era baru dalam dunia transportasi tanah air. ***

Pos terkait