Tok, Ijen Geoprak Resmi Jadi Anggota UNESCO Global Geopark

Ijen Geopark
Kawah Gunung Ijen yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. (Dok.Pixabay.com)

TURISIAN.com – Keren banget, guys! Sidang Dewan Eksekutif Ke-216 UNESCO di Paris, Prancis, pada Rabu 24 Mei 2023 lalu memutuskan  Ijen Geopark resmi jadi anggota UNESCO Global Geopark (UGG) baru, loh!

Wah, bikin hepi banget deh! Sampai-sampai Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, langsung ngumumin kabar bahagia ini di Banyuwangi, Jawa Timur, hari ini, Kamis 25 Mei 2023.

Sekarang, Geopark Ijen jadi bagian dari 195 situs UGG yang ada di 48 negara. Keren, kan? Ada juga 18 situs geologi lain yang baru aja ditambahin tahun ini.

Seperti Caçapava di Brazil, Lavreotiki di Yunani, Aras di Iran, Hakusan Tedorigawa di Jepang, dan masih banyak lagi.

Kita harap dengan Ijen jadi UGG, bakal banyak turis mancanegara yang dateng ke Banyuwangi. Pastinya bakal bikin masyarakat Banyuwangi tambah sejahtera dan budayanya makin kuat, deh. Kita doain semoga gitu, ya!

BACA JUGA: Mengurai Pesona Kawah Ijen, Destinasi Wisata Banyuwangi yang Mendunia

Ijen Geopark tuh punya banyak situs keren di Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Keunikan wisata ini  terletak di Gunung Ijen yang meliputi  tiga hal. Yaitu geologi, biologi, dan budaya. Wah, seru banget, kan?

Abdillah Baraas, dari Pengurus Harian Ijen Geopark (PHIG) Banyuwangi, cerita juga kalo Ijen Geopark dapet nilai tinggi banget pas penilaian, skornya 872!

Mantap, deh! Tapi tentunya kita tetap harus kerja keras biar status UGG ini bisa dipertahankan pas revalidasi tahun 2026 nanti. Kolaborasi bareng semua pihak penting banget, ya!

Nah, buat ngembangin dan ngelindungin Ijen Unesco Global Geopark ini, Abdillah bilang harus melibatkan banyak pihak. Ga boleh cuman beberapa orang aja.

BACA JUGA: Blue Fire Kawah Ijen, Pertunjukan Alam yang Menakjubkan

Pelatihan Geowisata

Khususnya di Banyuwangi, program-program yang udah jalan bakal tetep berlanjut, kayak edukasi di sekolah, pemberdayaan masyarakat, pelatihan geowisata, geo-produk, dan yang paling penting, aspek konservasi.

Kedepannya, bakal ada beberapa hal yang bakal ditingkatin, misalnya transportasi publik yang lebih nyambung ke tempat wisata dan situs geopark buat para wisatawan. Terus, jaringan juga bakal dikembangin, nih!

Indonesia juga bangga banget, karena ada tiga tempat lainnya yang masuk UGG, loh! Ada Geopark Maros di Pangkep, Geopark Merangin di Jambi, dan Geopark Raja Ampat di Papua. Keren banget, kan?

Sertifikat UGG dari UNESCO bakal diserahkan bulan September nanti di Maroko. Asik, deh!

BACA JUGA: Gorontalo Rancang Pola Perjalanan Wisata Geopark, Apa Saja?

Jadi, semoga kawasan ini makin hits dan bikin semangat liburan kita semakin membara, guys! Dengan keanggotaan UGG yang baru, bakal banyak wisatawan lokal dan internasional yang penasaran dan mau mampir ke Banyuwangi. Wah, pasti seru banget!

Buat kita semua, ini juga peluang emas buat ikut serta dalam mempertahankan dan mengembangkan daerah ini. Kita bisa berkontribusi dengan ikutan program-program seru yang udah berjalan, kayak edukasi di sekolah-sekolah.

Kita juga  bisa jadi agen pariwisata yang ngasih tau keunikan geologi, biologi, dan budaya Ijen Geopark ke teman-teman kita. Seru, kan?

Oh iya, jangan lupa juga untuk mendukung transportasi publik yang lebih lancar dan nyaman ke destinasi wisata di Ijen Geopark.

BACA JUGA: Jambi Siapkan Badan Pengelola Wisata untuk Geopark Nasional Merangin

Rute Ke Kawah Ijen

Kita bisa ikutan ngembangin jaringan komunikasi dan aksesibilitas supaya semua orang bisa lebih mudah akses ke tempat-tempat keren di sana.

Pokoknya, harus bangga punya Ijen Geopark dan tempat-tempat geopark lainnya di Indonesia. Kemudian, harus peduli dan menjaga kelestarian alam serta keanekaragaman budaya yang ada di sekitarnya.

Jadi, ayo kita dukung terus dan jangan sampai lelah berkontribusi untuk keberhasilan Ijen Geopark!

Nah, buat kamu yang mau ke Ijen Geopark, jangan khawatir! Turisian  punya info rute dan alat transportasi yang bisa kamu gunakan, nih!

BACA JUGA: Sendratari Meras Gandrung Jadi Andalan Atraksi Wisata Banyuwangi

Rute yang paling umum untuk menuju Ijen Geopark adalah sebagai berikut:

  1. Dari Surabaya:
  • Kamu bisa naik pesawat terbang ke Bandara Internasional Juanda di Surabaya.
  • Setelah itu, kamu bisa naik bus atau travel menuju Banyuwangi. Perjalanan darat ini memakan waktu sekitar 7-8 jam, tergantung kondisi lalu lintas.
  • Sesampainya di Banyuwangi, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Ijen Geopark dengan menggunakan angkutan umum seperti ojek atau taksi. Pastikan untuk menanyakan kepada pengemudi mengenai tujuanmu agar mereka bisa membawamu langsung ke Geopark Ijen.

Pelabuhan Gilimanuk

BACA JUGA: 5 Spot Menarik di Geopark Ciletuh Sukabumi yang Wajib Kalian Kunjungi 

  1. Dari Bali:
  • Kamu bisa naik feri dari Pelabuhan Gilimanuk di Bali ke Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi. Perjalanan dengan feri ini memakan waktu sekitar 30-45 menit.
  • Setelah tiba di Pelabuhan Ketapang, kamu bisa naik angkutan umum atau taksi menuju Ijen Geopark. Perjalanan darat ini memakan waktu sekitar 1-2 jam.

BACA JUGA: Punya Potensi Besar, Menparekraf Dukung Geowisata Batu Angus Ternate jadi Geopark Nasional

Selain itu, ada juga beberapa opsi transportasi lain yang bisa kamu gunakan:

  • Ojek atau taksi: Setelah kamu tiba di Banyuwangi atau Pelabuhan Ketapang, kamu bisa menggunakan ojek atau taksi untuk mencapai Ijen Geopark. Pastikan untuk menawar harga yang wajar sebelum berangkat.
  • Kendaraan pribadi: Jika kamu memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa mengendarai mobil atau sepeda motor menuju Ijen Geopark. Pastikan untuk menggunakan aplikasi navigasi atau meminta petunjuk agar tidak tersesat di perjalanan.

Saran aku, sebaiknya kamu juga mempersiapkan perjalanan dengan baik, termasuk mencari tahu jadwal transportasi, mempersiapkan peta, dan menghubungi penyedia jasa transportasi untuk memastikan ketersediaan dan kenyamanan perjalananmu.

Nah, semoga info ini membantu kamu dalam merencanakan perjalanan ke Ijen Geopark, ya! Selamat bersenang-senang dan nikmati keindahan alamnya!

Pos terkait