Kabar Terbaru Guys, Naik Pesawat Masih Harus Vaksin Booster Lho..

Kabar Terbaru
Ilustrasi. Vaksin untuk anak-anak. (Dok.Pixabay.com)

TURISIAN.com – Kabar terbaru nih! Kemenhub masih mewajibkan vaksin booster Covid-19 buat kamu yang mau naik pesawat, guys!

Juru Bicara Kemenhub, namanya Adita Irawati, Kamis 25 Mei 2023 bilang kalo aturan ini mengikuti Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 24 tahun 2022 dan SE Kemenhub Nomor 82 Tahun 2022, loh!

Nggak cuma itu, Bandara Angkasa Pura (AP) I juga ngomong hal yang sama.

Jadi, sekarang vaksinasi booster itu wajib buat kamu yang mau terbang, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.

BACA JUGA: Waduh, Penumpang Pesawat di Bandara SMB II Masih Diminta Syarat Ini

Ngikutin SE Kemenhub Nomor 82 Tahun 2022, PT Angkasa Pura I menjelaskan aturan ini berlaku mulai 29 Agustus 2022.

Dan buat perjalanan ke luar negeri, aturannya tetap mengacu pada SE Kemenhub Nomor 88 Tahun 2022 yang efektif sejak 1 September 2022.

Jadi, maskapai penerbangan di Indonesia juga ngelakuin aturan ini, guys!

Misalnya, Garuda Indonesia yang dipimpin sama Direktur Utama-nya, Irfan Setiaputra, bilang mereka bakal ikutin aturan dari Satgas Covid-19 sampe ada perintah resmi dari pemerintah.

BACA JUGA: Anak 6 Tahun Ke Bawah Tak Wajib Tes Covid-19 Masuk Bandara Soetta

Lion Air Group

Sama halnya dengan Lion Air Group, Corporate Communications Strategic-nya, Danang Mandala Prihantoro, bilang mereka ngikutin ketentuan yang masih berlaku.

Khususnya, yang ada di SE Satgas Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 dan SE Kemenhub Nomor 82 Tahun 2022.

Jadi, intinya kalo kamu udah berumur 18 tahun ke atas dan udah vaksin booster, kamu nggak perlu tes Covid-19 lagi sebelum terbang.

Tapi buat yang baru vaksin kedua atau pertama, maaf banget nggak boleh naik pesawat domestik.

Tapi tenang, kalo ada alasan medis yang nggak bisa divaksin, kamu wajib bawa surat keterangan dari dokter dari rumah sakit pemerintah.

BACA JUGA: Bandara Husein Sastranegara Segera Ditutup, Pindah ke Kertajati

Nah, buat WNA (warga negara asing) yang dateng dari luar negeri, vaksin dosis kedua aja udah cukup, nggak perlu tes Covid-19.

Kalo kamu berumur antara 6-17 tahun, kamu cukup vaksin kedua aja, nggak perlu tes Covid-19. Tapi kalo baru vaksin pertama, maaf nggak boleh terbang domestik.

Oh ya, buat yang berumur di bawah enam tahun, nggak wajib divaksin dan nggak perlu tes Rapid Antigen atau RT-PCR. Tapi harus ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan, ya!

Nah, itu tadi informasi terkini tentang persyaratan naik pesawat yang berlaku sekarang. Semoga bisa membantu kamu, guys! ***

Pos terkait