Tenangkan Pikiran Dulu di Telaga Sunyi Baturraden Banyumas

Telaga Sunyi Baturraden
Telaga Sunyi Baturraden Banyumas, Jateng.

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang mencari tempat untuk menenangkan pikiran dan melepaskan kepenatan, cocoknya berkunjung ke objek wisata alam. Salah satu spot yang menarik untuk melakukan hal itu bisa mengunjungi Telaga Sunyi Baturraden di Kabupaten Banyumas.

Destinasi wisata alam Banyumas yang satu ini, hingga sekarang masih terjaga keasriannya dengan hawa yang sejuk dan menyegarkan. Letaknya berada di tengah hutan pinus dan damar membuat suasana telaga ini sepi dan menenangkan.

Air Telaga Sunyi Baturraden pun terasa sangat dingin dan menyegarkan. Sebab bersumber langsung dari mata air Gunung Slamet. Objek tersebut kolam air yang tidak begitu luas dengan kedalaman kurang lebih sampai 5 meter.

Sobat Turisian akan melihat sebuah air terjun kecil dan berakhir dengan sungai yang banyak batunya. Sehingga terdengar suara gemericik air yang iramanya menenangkan jiwa. Kalau airnya sedang jernih banget, kalian bakal bisa melihat dasar telaga.

Tampak pula ikan-ikan yang berenang lalu-lalang di dalam Telaga Sunyi Baturraden. Kejernihan dan kesegaran airnya bakal membuat Sobat Turisian tergoda untuk segera berenang. Di samping telaga ini juga terdapat gua sepanjang 6 meter.

Aktivitas Wisata di Telaga Sunyi

Uniknya lagi, di sini Sobat Turisian bisa menikmati sensasi diving atau snorkeling di air tawar. Tarifnya cukup terjangkau, di kisaran Rp200.000 per orang sudah termasuk alat dan pemandu. Sebelum melakukannya, sebaiknya menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu. Untuk mengetahui keadaan air dan ketersediaan alat.

Baca juga: Jalan-jalan Akhir Pekan ke Curug Bayan Banyumas yang Bikin Betah

Namun, buat Sobat Turisian yang hanya ingin berenang atau sekadar bermain air juga bisa. Ada bagian Telaga Sunyi Baturraden yang dangkal, hanya sedalam setengah hingga 1 meter. Kamar mandi pun tersedia, jadi dapat berganti pakaian dengan nyaman.

Kalau sudah puas berenang dan kedinginan, enaknya beristirahat sambil menyantap mendoan dan secangkir kopi panas. Terdapat beberapa warung di telaga ini yang menyediakan kuliner mendoan khas Banyumas tersebut.

Di Telaga Sunyi Baturraden juga belum ada spot swafoto buatan. Namun pesona alamnya sangat indah dan asri, serta benar-benar masih terjaga. Sehingga kalian yang hobi swafoto bisa memanfaatkannya sebagai spot foto bernuansa alami.

Lokasi Telaga Sunyi Baturraden

Objek wisata alam yang memukau tersebut berlokasi di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Atau kurang lebih 15 menit dari Wana Wisata Baturraden.

Untuk menuju Telaga Sunyi Baturraden, Sobat Turisian bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan akses jalan yang sudah bagus. Hanya saja kontur jalannya berkelok dan menanjak khas daerah pegunungan. Namun masih tetap aman kalian kewati karena tidak begitu curam.

Baca juga: Serunya Rekreasi dan Berkemah di Germanggis Banyumas

Tempat wisata yang satu ini buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau. Jarak dari area parkir ke titik telaga juga tidak jauh. Sobat Turisian hanya perlu berjalan kaki selama 5 menit.*

 

 

Sumber & Foto: visitjawatengah

Pos terkait